Kamera Fujifilm X T1, Kamera Mirrorless Retro Andalan Fujifilm

Kamera mirrorless menjadi tipe kamera yang akhir-akhir ini banyak diminati oleh pehobi fotografi. Fujifilm tampaknya memanfaatkan peluang ini dengan merilis kamera mirrorless yang diperuntukkan bagi fotografer yang serius. Sebagai alternatif pengganti DSLR, kamera mirrorless Fujifilm X T1 hadir dengan spesifikasi mumpuni dalam ukuran yang lebih kecil dan lebih ringkas daripada kamera profesional biasa.

Desain Klasik Kamera Retro

Bagi penyuka kamera retro, Fujifilm X T1 tampaknya pilihan yang tepat untuk kebutuhan fotografi sehari-hari. Kamera ini mengadaptasi desain kamera film klasik milik Fujifilm yang unik berbeda dari kamera mirrorless merk lainnya. Fungsi pengaturan pergantian ISO, eksposur dan shutter speed bisa dilakukan menggunakan roda dan tuas yang terletak di bagian atas, di depan dan di belakang bodi kamera.

Adanya roda dan tuas ini semakin memudahkan pengguna, jadi tak perlu berulangkali masuk ke menu untuk mengubah pengaturan kamera. Bagian LCD kamera ini juga bisa diputar ke atas, jadi memudahkan penggunanya ketika ingin mengambil foto dari sudut yang sulit. Selain itu, lensa Fujifilm X T1 bisa dilepas dan diganti dengan lensa Fuji XF yang banyak tersedia di pasaran.

Kamera Fujifilm tipe X T1 didesain dengan menggunakan material logam dan tersedia dalam varian warna hitam dan kombinasi hitam dan silver. Meski ukurannya mungil dan lebih kecil daripada kamera DSLR pemula, tapi kemampuan kamera ini tak diragukan lagi. Fujifilm membekali kamera ini dengan sensor APS-C berarsitektur X-Trans serta resolusi 16 MP. Dengan arsitektur X-Trans, maka kamera tak perlu menggunakan filter low pass sehingga hasil tangkapan kamera bisa lebih tajam serta memiliki warna yang lebih akurat daripada kamera lainnya.

Kemampuan kamera mirrorless Fujifilm seri X T1 dinilai berada di antara kamera full frame dan kamera APS-C biasa. Hal ini karena sensor beresolusi 16 MP bawaannya berada di bawah ukuran resolusi kamera digital terbaru yang rata-rata sudah 24 MP ke atas. Namun, masih bisa menghasilkan foto dengan kualitas noise yang rendah daripada kamera dengan resolusi yang lebih tinggi.

Seperti layaknya kamera mirrorless lainnya, kamera digital Fujifilm X T1 belum memiliki kemampuan yang cukup baik dalam merekam objek yang bergerak cepat. Namun, kemampuan fotografinya sudah cukup memenuhi kebutuhan fotografi still life, lanskap maupun fotografi pernikahan. Jika Anda ingin menggunakan kamera ini untuk merekam objek yang bergerak cepat, sebaiknya mengganti lensa kamera dengan lensa Fuji 50-140mm f/2.8 atau lensa Fujifilm lainnya yang memiliki motor fokus lebih cepat.

Kamera digital merk Fujifilm dikenal memiliki fitur pengolahan citra yang beragam. Demikian pula dengan Fujifilm X T1 ini juga dilengkapi dengan efek foto simulasi film zaman dahulu seperti Classic Chrome, Velvia, Provia, Astia dan lainnya. Fujifilm X T1 merupakan kamera yang cocok bagi Anda penyuka fotografi yang ingin bernostalgia dengan model kamera serta kualitas pengolahan foto layaknya kamera zaman dahulu.