24 Februari 2024
Metro Ethernet

Jaringan internet saat ini menjadi salah satu kebutuhan pokok manusia. Hampir seluruh kegiatan manusia memerlukan jaringan internet. Salah satu industri yang memerlukan jaringan internet stabil adalah industri kesehatan. Stabilitas jaringan internet di rumah sakit menjadi hal yang krusial, karena berpengaruh pada kegiatan pengelolaan dan operasional rumah sakit. Untuk mendukung stabilitas jaringan di rumah sakit, Anda memerlukan optimasi Metro Ethernet.

Metro Ethernet adalah teknologi jaringan internet berisi data dengan kapasitas yang besar. Jaringan ini dilengkapi dengan sistem keamanan yang tinggi dan terjaga 24 jam penuh. Ethernet sendiri berarti internet protocol atau IP yang mampu mengirim data dengan kecepatan tinggi tanpa mengurangi isi dari data tersebut. Teknologi ini dipercaya dapat meningkatkan efisiensi pertukaran data melalui internet.

Anda yang memiliki bisnis rumah sakit yang tersebar di berbagai daerah sangat memerlukan teknologi ini. Metro Ethernet dapat membantu Anda dalam mengelola cabang rumah sakit yang tersebar di berbagai daerah. Berikut lima alasan mengapa Metro Ethernet sangat penting dalam mengelola rumah sakit:

1. Mudah Digunakan

Metro Ethernet langsung terintegrasi dengan LAN. Teknologi ini tidak memerlukan perubahan topologi jaringan yang sudah ada. Selain itu, proses instalasi dari teknologi ini sangat mudah dan tidak perlu menggunakan perangkat khusus. Hal ini yang membuat Metro Ethernet mudah digunakan di mana saja termasuk di rumah sakit.

2. Keamanan Terjamin

Data pasien di rumah sakit bersifat rahasia dan perlu dijaga dengan baik. Data pasien di rumah sakit besar tentunya telah terintegrasi dengan cloud sehingga keamanannya terjamin. Peran Metro Ethernet di sini adalah untuk memastikan aliran data dari internet protocol menuju cloud terjaga keamanan dan kerahasiaannya.

3. Cepat dan Akurat

Jaringan yang telah terintegrasi dengan Metro Ethernet memiliki kualitas yang jauh meningkat dibandingkan dengan yang belum terintegrasi dengan Metro Ethernet. Teknologi ini bekerja untuk memastikan data tersalurkan dengan cepat dan akurat. Metro Ethernet sangat cocok digunakan pada rumah sakit untuk mendistribusikan data secara cepat dan akurat.

4.Kualitas Terbaik

Teknologi ini memiliki kualitas terbaik didukung dengan hadirnya tiga class of service (CoS) yaitu high, medium, dan low. Tiga CoS ini berfungsi sebagai penanda kinerja jaringan berdasarkan skala prioritas yang dikerjakan. Metro Ethernet telah berstandar internasional CE 2.0 MEF yang menjadikan teknologi ini sebagai layanan andal dalam berkomunikasi multiprotocol. Serta Metro Ethernet memiliki teknologi sensor yang dapat mendeteksi gangguan sedini mungkin, sehingga dapat ditangani dengan cepat.

5. Fleksibilitas Tinggi

Metro Ethernet memiliki cakupan wilayah yang luas. Teknologi ini dapat beroperasi baik di dalam maupun di luar negeri. Dengan tingkat fleksibilitas yang tinggi, Metro Ethernet dapat terintegrasi dengan berbagai topologi jaringan yang berbeda. Hal ini akan mempermudah rumah sakit dengan topologi jaringan yang berbeda satu sama lain.

Lima poin di atas merupakan alasan mengapa Anda harus mengintegrasikan Metro Ethernet pada jaringan Anda. Telkom Indonesia sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi terbesar di Indonesia memiliki layanan Metro Ethernet yang terbukti dapat menjadi solusi efisiensi pengelolaan jaringan rumah sakit. Gunakan layanan Metro Ethernet Telkom untuk meningkatkan efisiensi bisnis Anda.