Kamera DSLR Nikon D4S, Kamera Full Frame Kasta Tertinggi dari Nikon

Bagi penggemar kamera full frame Nikon tentu tak asing lagi dengan kamera DSLR full frame Nikon D4S. Kamera yang dirilis sebagai versi upgrade dari Nikon D4 ini, tampaknya banyak diminati para fotografer profesional berkat beragam fitur dan kemampuan fotografinya yang handal. Terutama dengan hadirnya prosesor EXPEED 4 yang memungkinkan penggunanya untuk menangkap gambar bergerak lebih cepat dan lebih banyak.

Dari sisi desain, Nikon D4S memiliki desain yang tak jauh berbeda dari pendahulunya Nikon D4. Nikon menggunakan material magnesium alloy yang kuat, tahan air dan anti debu. Selain bodinya yang tangguh, D4S juga memiliki kinerja yang handal. Penggunaan prosesor EXPEED 4 membuat jangkauan rentang ISO kamera lebih luas dengan rentang maksimum hingga ISO 409.600. Jadi, kamera ini masih bisa menghasilkan foto maupun video 1080/60p dengan detail dan warna yang baik meskipun berada dalam kondisi kurang cahaya sekalipun.

Kombinasi antara jarak cermin yang pendek dengan kinerja prosesor EXPEED 4 membuat waktu blackout viewfinder jadi lebih singkat serta kecepatan burst rate kamera meningkat hingga 11 fps (dengan autofocus). Karena waktu blackout viewfinder lebih singkat, maka kualitas perekaman video atau pengambilan foto time-lapse juga bisa lebih halus. Kemampuan inilah yang membuat kamera digital DSLR Nikon D4S cocok dipakai dalam pemotretan event olahraga maupun fotografi alam liar.

Demi mendapatkan hasil rekaman foto dan video yang sempurna, Nikon menanamkan sensor CMOS Full frame (36 x 23.9 mm) dengan resolusi 16.2 MP ke dalam bodi D4S. Bagi pengguna kamera DSLR sensor APS-C, mungkin resolusi D4S terasa kurang mumpuni. Namun, tidak demikian dengan kamera DSLR full frame Nikon seri D4S ini. Meski resolusi kameranya kurang dari 20 MP, namun kamera ini menghasilkan kualitas foto yang sangat detail, kaya warna dan menyerupai aslinya.

Pengguna Nikon D4S juga bisa lebih bebas memilih titik fokus ketika mengambil gambar berkat adanya 51 titik autofocus dengan sistem metering RGB 3D. Dengan adanya fitur metering RGB 3D serta prosesor EXPEED 4, kamera bisa memproses foto maupun video 30% lebih cepat dari versi sebelumnya. Karena kamera ini bertipe kamera DSLR full frame, maka pengguna juga bisa mendapatkan pandangan 100% dari viewfinder.

Kamera DSLR Nikon seri D4S merupakan kamera full frame dengan ukuran sensor yang lebih besar daripada kamera APS-C, maka tak mengherankan jika ukurannya juga besar, bahkan bobot kamera ini mencapai 1.350 gram (termasuk baterai). Jadi, jika ingin memasangkan lensa dengan fokus panjang atau merekam video, akan lebih baik jika menggunakan tripod untuk mengurangi getaran. Sayangnya, D4S masih menggunakan LCD bertipe fixed yang tidak bisa diputar. Jadi, agak menyulitkan apabila ingin mengambil foto dari sudut yang sulit.