Kamera Canon EOS 40D, Kamera Seri Pro Pilihan Pencinta Canon

Pehobi fotografi yang belum mampu membeli kamera profesional namun ingin merasakan kemampuan kamera yang lebih baik daripada kamera pemula, biasanya memilih kamera semi pro Canon, seperti kamera Canon seri EOS 40D. Kamera penerus generasi EOS 30D ini mengusung spesifikasi yang lebih baik dan menjanjikan performa yang lebih handal daripada seri sebelumnya. Mulai dari viewfinder dengan pandangan yang lebih lebar, Jangkauan ISO yang lebih lebar serta hadirnya fitur live view merupakan beberapa kelebihan EOS 40D dari seri sebelumnya.

Fitur Kamera DSLR Canon EOS 40D

Seperti kamera DSLR merk Canon lainnya, Canon EOS 40D mengusung spesifikasi terdepan di kelasnya pada saat baru dirilis. Kamera DSLR Canon tipe EOS 40D yang dirilis pada Agustus 2007 ini memiliki desain bodi yang cukup ergonomis dengan ukuran yang tidak terlalu besar serta grip kamera yang nyaman. Sedangkan di bagian atas tersedia panel LCD yang menampilkan informasi pengaturan kamera yang sedang dipakai.

Tidak seperti kamera DSLR merk lain yang meletakkan tombol pengaturan kamera di sisi kanan bagian belakang kamera, Canon justru meletakkan tombol pengaturan kamera di bagian bawah layar LCD. Bagi yang belum terbiasa dengan peletakkan tombol seperti ini tentu membutuhkan waktu untuk bisa menggunakannya dengan lancar. Bodi Canon EOS 40D yang terasa kokoh ketika digenggam serta material pembuatnya yang berkualitas membuat kamera ini siap diajak berburu foto di medan apapun.

Salah satu kelebihan dari Canon EOS 40D adalah hadirnya layar LCD berukuran 3 inci dengan fitur Live View. Dengan fitur ini, pengguna kamera bisa membidik sasaran tanpa harus melihat ke viewfinder. Canon membekali EOS 40D dengan prosesor DIGIC 4 serta sensor CMOS beresolusi 10.5 MP. Kombinasi ini mampu menghasilkan hasil tangkapan kamera yang baik dengan tonal warna yang luas. Selain itu, Canon juga menambahkan filter anti debu dan sistem konversi file RAW 14 bit.

Kecepatan continuous shooting kamera DSLR Canon tipe EOS 40D atau pengambilan gambar secara terus menerus juga ditingkatkan menjadi 6.5 fps. Cukup baik ketika digunakan untuk merekam objek bergerak dalam bentuk foto maupun video. Dengan jangkauan ISO 100 hingga 3200 serta kecepatan shutter 30 – 1/8000 detik membuat Canon 40D bisa diandalkan untuk merekam foto dalam keadaan kurang cahaya.

Sebagai semi pro, kamera DSLR Canon EOS 40D sangat cocok bagi fotografer pemula berkat kemudahan pengoperasian serta beragam fitur yang diusungnya. Pengguna kamera ini juga bisa mengoptimalkan kamera ini serta mengkombinasikannya dengan beragam jenis lensa Canon yang banyak dijual di pasaran. Selain itu, pusat servis Canon sudah tersedia di kota-kota besar di Indonesia serta layanan purna jual yang baik membuat produk kamera Canon layak dipilih sebagai kamera andalan setiap hari.