Kamera DSLR Nikon D610, Kamera Full Frame Bagi Pemula

Fotografer profesional biasanya membutuhkan kamera dengan cakupan pandangan yang luas serta kecepatan continuous shooting yang cepat seperti kamera DSLR full frame. Sayangnya, harga kamera full frame yang mahal menjadi salah satu kendala bagi fotografer untuk memiliki kamera berspesifikasi tinggi. Nikon melihat peluang ini dengan meluncurkan salah satu kamera full frame miliknya yakni kamera DSLR Nikon seri D610. Kamera yang dirilis sebagai penerus generasi Nikon D600 ini diklaim memiliki kemampuan yang lebih baik daripada versi sebelumnya.

Nikon D610 Mengusung Mekanisme Shutter yang Lebih Baik

Dari segi desain, bodi Nikon D610 tidak jauh berbeda dengan Nikon D600. Kamera ini masih menggunakan material magnesium alloy yang kokoh serta anti debu dan anti lembab. Meski merupakan kamera full frame, Nikon D610 memiliki ukuran yang lebih kecil daripada Nikon D4, jadi tidak terlalu berat dan terasa nyaman ketika digenggam. Layar LCD berukuran 3,2 inci yang ada di bagian bodi belakang mampu menampilkan hasil rekaman yang cukup jernih berkat resolusi 921.000 titik.

Kamera DSLR Nikon versi D610 hadir membawa mekanisme shutter yang baru dan lebih baik daripada versi D600. Pengguna Nikon D600 sempat mengalami permasalahan seperti sensor kamera yang mudah kotor akibat debu atau minyak yang muncul dari mekanisme shutter. Nikon kemudian memakai mekanisme shutter baru pada D610 yang mampu mengambil foto secara berturut-turut hingga 6fps.

Sistem mekanisme shutter yang baru ini juga mengusung mode Continuous Quiet baru yang dikenal dengan Quiet Release. Mode Quiet Release ini biasanya dipakai ketika memotret satwa liar karena berfungsi untuk mengurangi kebisingan saat pengambilan foto secara berturut-turut.

Untuk kamera full frame DSLR Nikon versi D610, masih mengandalkan prosesor EXPEED 3 dikombinasikan dengan sensor CMOS format FX beresolusi 24,3 MP. Kombinasi ini memungkinkan kamera untuk mengambil gambar pada cahaya rendah dengan baik. Bahkan jangkauan ISO kamera ini bisa direntangkan antara ISO 100 hingga 6.400. Hasil tangkapan foto maupun video Nikon D610 memiliki noise yang rendah dan detail yang tajam berkat adanya fitur Signal to Noise atau S/N dengan ratio tinggi.

Untuk menghasilkan fokus yang lebih baik dan lebih cepat, Nikon D610 dilengkapi dengan modul fokus otomatis Multi-Cam 4800 yang terdiri dari 39 titik (9 titik fokus cross type). Ketika menggunakan mode Live View, kamera akan mengaktifkan sistem fokus otomatis deteksi kontras.

Kamera DSLR Nikon seri D610 merupakan pilihan yang ideal bagi fotografer profesional yang hendak mengganti kamera APS-C miliknya dengan kamera full frame. Kamera ini mampu menghasilkan foto dengan rentang warna yang luas serta noise yang terkendali dengan baik. Jika Anda belum mampu membeli kamera DSLR full frame kelas tinggi seperti D810 maupun D4S, maka kamera ini bisa menjadi pilihan yang tepat.