Kamera Samsung NX1, Kamera Pintar Beresolusi Tinggi

Kamera digital Samsung NX1 merupakan salah satu bukti bahwa Samsung tak hanya mampu memproduksi ponsel pintar berspesifikasi tinggi, tapi juga kamera digital kelas high-end. Kamera bertipe mirrorless ini diklaim mampu menghasilkan foto maupun video berkualitas tinggi serta menawarkan kemudahan dalam berbagi file foto berkat fitur konektivitas yang lengkap.

Sebagai penerus generasi Samsung NX, Samsung NX1 tak hanya memiliki desain stylish yang ergonomis. Kamera ini menggunakan bodi yang terbuat dari material alloy magnesium yang anti air dan anti debu. Bagian gripnya memiliki lekukan untuk pegangan jari yang cukup besar sehingga terasa nyaman ketika digenggam.

Kamera ini juga mengusung beragam fitur yang memungkinkan para fotografer mendapatkan hasil foto terbaik. Demi mendapatkan hasil rekaman gambar dan video yang optimal, Samsung NX1 mengandalkan sensor BSI APS CMOS ABSC backside illuminated beresolusi 28.2 MP. Berbeda dengan sensor CMOS lainnya, sensor bawaan NX1 ini diklaim mampu bekerja dengan baik meski berada dalam kondisi ruangan kurang cahaya sekalipun. Ketika berada di kondisi cahaya yang buruk, sensor ini tetap mampu menangkap cahaya lebih optimal sekaligus mengurangi noise secara signifikan.

Kamera mirrorless Samsung NX1 tak hanya bisa diandalkan untuk merekam foto saja, tapi juga bisa digunakan untuk merekam video berkualitas 4K UHD. Kamera mirrorless biasanya memiliki kendala dalam merekam objek yang bergerak dengan cepat. Namun, kendala ini tak berlaku bagi Samsung NX1 berkat adanya sistem hybrid autofocus dengan 205 titik deteksi fokus yang mampu merekam foto dengan cepat hingga 15 foto per detik.

Dengan kemampuan autofokus seperti ini, Anda tak akan kehilangan momen berharga ketika mengabadikan foto pernikahan atau foto olahraga. Ditambah lagi dengan adanya layar sentuh Super AMOLED berukuran 3 inci membuat pengoperasian kamera Samsung seri NX1 ini jadi lebih praktis.

Salah satu keuntungan dari penggunaan layar sentuh adalah memungkinkan penggunanya untuk mengatur titik fokus di mana saja yang Anda suka dengan cepat. Layar ini juga cukup responsif dan cepat ketika digunakan untuk memilih pengaturan aperture, mode kamera dan pengaturan lainnya.

Selain melakukan pengaturan melalui layar sentuh, Anda juga bisa mengatur mode pemotretan menggunakan tombol putar yang terletak di bagian atas bodi. Namun, cara paling efektif untuk melakukan pengaturan kamera adalah dengan mengkombinasikan pengaturan layar sentuh dan tombol putar. Pengguna kamera juga bisa melihat pengaturan kamera melalui LCD yang ada di atas bodi kamera layaknya kamera DSLR profesional.

Pengguna kamera digital Samsung NX1 tak hanya dimanjakan oleh pengaturan kamera yang mudah, tapi juga hadirnya fitur konektivitas yang lengkap seperti NFC, Wi-Fi dan Bluetooth. Dengan adanya fitur ini, Anda bisa menghubungkan kamera dengan perangkat lain seperti smartphone atau laptop dan membagi foto ke media sosial dengan cepat.