Fujifilm GFX 50S dengan Desain Terbaik

Pada tahun 2016, Fijifilm dengan resmi mengeluarkan kamera pertama mirrorless sensor medium yang diberi nama GFX 50S di Jerman. Sayangnya desain kamera Fujifilm GFX 50S ini mempunyai perawakan yang cukup besar meskipun bentuknya sangat elegan, jadi anda tidak bisa membawanya dalam saku atau dalam tas kecil. Meskipun ukurannya cukup besar, namun berat dari kamera mirrorless ini bisa dibilang cukp ringan, hanya 1,23 kilogram, bahkan jika anda melepas lensa, beratnya bisa mencapai 800 gram.

Fujifilm GFX 50S menawarkan resolusi hingga 51.4 megapiksel, ia juga mengusung sensor yang baru CMOS G-Sensor dan X -Processor Pro. Kamera yang menghasilkan gambar dengan perbandingan aspek ratio yang berbeda-beda seperti 4:3, 3:2, 1:1, 4:5, dan 6:17. Layar LCD dalam kamera ini sudah mendukung kemampuan touch screen, anda juga bisa menentukan auto fokus dengan menggunakan sentuhan tangan, begitu juga dengan memunculkan histogram pada saat memotret. Penggunaan LCD touch screen ini sudah banyak dirasa bermanfaat sekali. Selain mempunyai layar sentuh, layar LCD nya juga bisa dimiringkan atau diputar sehingga memudahkan untuk membidik suatu objek.

Seri GFX 50S ini didukung dengan dudukan lensa bernama G-Mount. Lensa ini termasuk kedalam Fujinon GF dengan kecepatan hingga 1/4000 detik untuk pengaturan mechanic shutter, sedangkan untuk pengaturan electronic shutter, GFX 50S didukung dengan kecepatan maksimum hingga 1/16000 detik. Kamera ini direkomendasikan untuk kalangan profesional yang sudah handal dalam urusan memotret dan merekam video karena beberapa tampilan pengaturannya agak sulit untuk orang yang awam. Para pemula juga bisa menggunakannya, tapi tidak disarankan.

Anda juga bisa menambahkan beberapa aksesori yang mendukung anda dalam penggunaan kamera nya, seperti tilt adapter, HDMI, filter, viewfinder, tripod, dan lain-lain. Tentu saja spesifikasi yang tinggi dari kamera ini tetap harus didukung oleh kemampuan pengguna nya sendiri. Sangat percuma apabila anda membeli kamera mirrorless medium ini, namun anda sendiri tidak bisa memaksimalkan penggunaannya. Perusahaan asal Jepang ini memang tidak usah diragukan lagi kemampuannya apalagi dalam segi brand kamera, mengingat di Indonesia sendiri Fujifilm ini merupakan brand ternama sejak kamera pocket sekalipun.

Harga Fuifilm GFX 50S di Indonesia

Fujifilm GFX 50S sendiri dibanderol dengan harga 10.000 dollar atau sebanding dengan Rp 118.000.000,- sudah termasuk body dan lensa nya. Tentunya harga diatas tidak sesuai dengan budget jika pembelinya adalah seorang mahasiswa. Mahal sekali ya? Satu harga dengan 1 buah mobil lho! Bagaimana tidak mahal sih. Kamera ini mengacu pada medium sensor mirrorless yang artinya ia memliliki ukuran sensor kamera yang lebih besar apabila dibandingkan dengan sensor berukuran full frame. Sensor medium ini juga merupakan format yang lebih besar apabila dibandingkan dengan sensor APS-C.