Spesifikasi Lengkap Kamera Fujifilm X30 bagi Penggemar Fotografi

Sudah menjadi rahasia umum bahwa Fujifilm adalah salah satu brand kamera berkualitas. Produk kamera dari Fujifilm memang terkenal sangat baik, bahkan pada kamera jenis compact yang mereka pasarkan beberapa tahun lalu. Salah satu yang cukup menarik perhatian adalah kamera Fujifilm seri X30, yakni berupa kamera compact hasil pengembangan X20. Meskipun produksinya sudah cukup lama, tapi tampaknya Fujifilm X30 masih menarik perhatian banyak orang. Apalagi seiring perkembangan penggunaan kamera yang semakin terkenal, perburuan terhadap kamera ini pun masih stabil sampai sekarang.

Kamera Compact dengan Hasil Jepretan Maksimal

Usai meluncurkan kamera compact, dengan seri X20, Fujifilm meluncurkan kembali seri yang lebih anyar yakni Fujifilm X30. Kamera ini merupakan jenis kamera kecil yang mudah dibawa ke mana-mana. Sehingga sangat cocok dibawa untuk yang hobi traveling seperti naik gunung atau menjelajah alam bebas lainnya. Sebagai kamera yang berada di kelas premium, resolusi 12 megapixel sepertinya sudah cukup mumpuni, mengingat Fujifilm X30 ini merupakan kamera compact yang hasil jepretan gambarnya masih berada di bawah kamera sejenis DSLR.

Meskipun begitu, perlu diperhatikan untuk Anda yang sedang mencari kamera profesional, sepertinya Fujifilm X30 kurang cocok. Kamera ini memang sudah dilengkapi berbagai fitur canggih, dan untuk sudah menghasilkan foto yang jernih untuk ukuran pengguna biasa. Jika dibandingkan dengan hasil potretan kamera ponsel pun, X30 masih jauh lebih baik. Prosesor gambarnya pun memakai EXR processor II, masih sama dengan seri sebelumnya.

Namun, yang membuat kamera Fujifilm seri X30 ini dibilang lebih baik dari seri sebelumnya adalah adanya beberapa teknologi yang lebih baik, seperti layar LCD yang sudah 3 inchi. Bandingkan dengan X20 yang hanya 2.8 inchi, artinya X30 lebih lebar sehingga ketika melihat gambar bisa lebih baik. Resolusi layarnya pun ditingkatkan sangat tinggi, dari 460.000 pada X20, menjadi 1.4 juta. Anda bisa melihat gambar yang lebih baik tentunya dengan resolusi layar sekian.

Bahkan Anda dapat memutar layar LCD kamera Fujifilm seri X30 ini ke atas dan ke bawah. Ke atas bisa diputar sampai 90 derajar, sedangkan ke bawah sampai 4 derajat. Paling penting adalah kemampuannya membidik pada keadaan yang kurang bercahaya. Meskipun loading fokusnya sedikit lama, tapi hasil gambarnya tetap baik. Masih cocok dibawa ke tempat-tempat tertutup seperti gedung maupun untuk ke event outdoor di malam hari. Bahkan masih bisa dipakai ketika sedang traveling di alam liar dan ingin memotret ketika sudah gelap. Hanya saja, hasilnya mungkin masih sedikit kurang maksimal dibandingkan jika memakai DSLR.

Sebagai kamera compact, Fujifilm X30 bisa dibilang cukup baik di kelasnya. Meskipun ukurannya terbilang sedikit lebih besar daripada kamera compact lainnya, tapi tetap bisa dengan mudah dimasukkan ke dalam tas untuk dibawa ke berbagai tempat. Setidaknya Anda tidak terlalu ribet membawanya seperti ketika membawa kamera DSLR yang sangat besar.