5 Oktober 2022
Cara Menjaga Kesehatan Otot Dengan Baik

Mempunyai otot yang sehat tentu menjadi dambaan bagi semua orang bukan? Cara menjaga kesehatan otot agar terhindar dari sakopenia sepertinya wajib diketahui oleh siapapun tidak terkecuali dengan anda.

Apabila bagian tubuh ini dijaga dengan baik, tentu anda dapat menikmati kehidupan dengan aktif seiring dengan bertambahnya usia bukan?

Nah, sarcopenia sendiri merupakan kondisi penurunan massa sekaligus kekuatan dari otot yang terjadi seiring dengan adanya bertambahnya usia. Gangguan ini sendiri biasanya terjadi pada orang dengan usia diatas 50 tahun.

Tetapi tidak sedikit pula orang-orang dengan usia 30 tahun berisiko terkena penyakit ini terutama jika tidak aktif dalam bergerak.

Cara Menjaga Kesehatan Otot Dengan Baik

Cara Menjaga Kesehatan Otot Dengan Baik

Apabila anda terkena penyakit tersebut maka membuat tubuh bergerak secara lambat, merasa fisik semakin lemah dari waktu ke waktu bahkan mudah mengalami kelelahan walaupun hanya melakukan aktivitas ringan saja.

Selain itu, juga masih ada risiko lainnya apabila seseorang menjadi pasien dari Sarkopenia tersebut.

Adapun penyebab dari gangguan tersebut ternyata juga sangat beragam mulai dari kurang bergerak, asupan gizi yang kurang sehat bahkan mengidap penyakit kronis. Nah, agar kesehatan otot tersebut dapat terjaga dengan baik maka beberapa hal berikut ini wajib dilakukan.

Pastikan Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Baik Untuk Tubuh

Meminimalisir risiko berbagai macam penyakit otot ternyata dapat dilakukan dengan cara mendapatkan asupan nutrisi sehat yang cukup.

Sangat disarankan agar mengkonsumsi makanan dengan kandungan tinggi protein seperti telur, kacang-kacangan, susu atupun produk olahan lainnya. Bukan hanya protein saja tetapi juga vitamin D, asam lemak omega-3 serta kalsium.

Rajin Melakukan Olahraga Secara Rutin

Jangan remehkan olahraga rutin karena ternyata akan memberikan banyak manfaat di masa depan. Termasuk dapat meningkatkan kesehatan otot anda.

Beberapa jenis olahraga yang disarankan seperti angkat beban, yoga, pilates, plank dan lainnya. Namun perlu diingat agar tidak pernah melakukan olahraga secara berlebihan.

Jangan Lupa Dapatkan Matahari di Pagi Hari

Rutin berjemur dibawah matahari saat pagi hari ternyata juga menjadi cara menjaga kesehatan otot sekaligus tulang. Sebab sinar matahari inilah dapat dijadikan sebagai sumber vitamin D bagi seseorang. Tetapi jangan pernah terlalu lama berada dibawah sinar matahari.

Mencukupi Kebutuhan Air Mineral Secara Rutin

Kekurangan air ternyata dapat mengakibatkan gangguan penyerapan nutrisi pada otot. Itulah mengapa mulailah lebih rutin buat mengkonsumsi air secara rutin. Kebutuhan air setiap orang ternyata berbeda-beda tetapi rata-rata orang dewasa membutuhkan 2 liter air per hari.

Mencukupi Kebutuhan Tidur

Kebiasaan bergadang ternyata akan memberikan dampak buruk pada tubuh karena bisa membuat anda kurang productive di pagi hari bahkan membuat badan lebih rentan terkena penyakit. Itulah mengapa jangan lupa agar mendapatkan tidur cukup terlebih dahulu.

Selain beberapa hal diatas, anda juga wajib menjaga berat badan agar selalu terjaga dengan baik. Cara menjaga kesehatan otot tidaklah sulit dilakukan, asalkan anda juga mempunyai niat buat melakukannya.