6 Manfaat Lengkuas Untuk Kesehatan

Lengkuas merupakan rempah yang memiliki kulit kasar beruas, daging yang keras dan berserat. Perlu diketahui bahwa tanaman lengkuas ini terdiri dari 2 jenis, yakni lengkuas putih dan lengkuas merah.

Selain digunakan sebagai campuran bumbu masakan, lengkuas atau laos juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Untuk lebih jelasnya mari kita simak ulasan selengkapnya.

Mengobati Panu

Perlu diketahui bahwa lengkuas mengandung senyawa metil kavikol asetat dan minyak atsiri yang berfungsi sebagai antijamur. Dengan demikian, lengkuas diyakini mampu mengobati panu yang disebabkan infeksi jamur Malassezia furfur.

Menambah Nafsu Makan

Ada sebuah penelitian yang membuktikan bahwa lengkuas sangat bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan. Pasalnya, lengkuas dapat memenuhi kebutuhan harian zinc untuk tubuh. Tubuh yang kekurangan zinc akan menghasilkan asam amino yang tinggi dan membuat malas untuk makan. Maka dari itu, kadar zinc pada tanaman ini mampu untuk menutupi kekurangan mineral tersebut.

Melegakan Tenggorokan

Manfaat lengkuas lainnya adalah sangat baik untuk mengatasi sakit tenggorokan dan batuk berdahak. Lantaran lengkuas ini berfungsi sebagai pengencer dahak serta antiperadangan sehingga mampu mengurangi rasa sakit di tenggorokan.

Menurunkan Risiko Diabetes

Lengkuas diyakini mampu menurunkan risiko terkena penyakit diabetes type-2. Kandungan antioksidan yang tinggi pada lengkuas ini sangat baik dalam menjaga kadar gula darah dalam tubuh. Sehingga mampu mengurangi risiko peningkatan gula darah yang cukup tinggi atau terkena diabetes.

Menjaga Kesehatan Jantung

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa pria memiliki risiko 2 kali lebih tinggi terkena serangan jantung dibandingkan kaum wanita. Nah, untuk mengurangi risiko terkena serangan jantung, anda bisa coba menggunakan lengkuas. Pasalnya, lengkuas memiliki senyawa polifenol yang sangat baik untuk kesehatan jantung.

Mengurangi Nyeri Tubuh

Lengkuas dipercaya mampu meredakan gejala umum saat terjadi peradangan, seperti rasa nyeri pada berbagai area tubuh. Dalam hal ini, ada sebuah penelitian yang dilakukan pada orang yang mengalami peradangan sendi pada lutut selama 6 minggu. Yang mana, sebanyak 63% dari mereka memiliki perubahan yang signifikan setelah mengonsumsi ekstrak jahe dan lengkuas setiap hari.

Anda mungkin juga suka...