Canon EOS 6D Mark II si Kamera Full Frame Berlayar Lipat

Lima tahun yang lalu, Canon membuat gebrakan dengan merilis DSLR Full Frame ekonomis bertajuk Canon EOS 6D. Belum lama ini Canon kembali membuat kejutan dengan merilis seri penerusnya yakni Canon EOS 6D Mark II. Seperti versi sebelumnya, kamera Full Frame terbaru Canon ini dibanderol dengan harga terjangkau. Namun, Canon memastikan bahwa generasi terbaru EOS 6D ini memiliki performa yang lebih baik pada versi sebelumnya.

Hal ini bisa dilihat dari jeroan kamera yang mengandalkan sensor CMOS Full Frame 26.2 megapiksel. Jauh lebih baik daripada versi sebelumnya yang hanya mengandalkan CMOS Full Frame beresolusi 20.2 megapiksel. Kamera DSLR Full Frame lazimnya menggunakan sensor beresolusi 36 hingga 50 megapiksel. Namun, didukung dengan prosesor DIGIC 7, performa generasi kedua EOS 6D ini diklaim mampu menandingi kamera DSLR beresolusi lebih tinggi.

Rentang ISO Lebar

Performa Canon EOS 6D Mark II di kondisi minim cahaya dijamin tak mengecewakan berkat pengaturan ISO yang bisa direntangkan dari ISO 100 hingga ISO 40,000. Jauh lebih baik daripada versi sebelumnya yang hanya memiliki rentang ISO maksimal 25,600. Kemampuan memotret tanpa henti kamera ini ditingkatkan dari versi sebelumnya 4.5fps menjadi 6.5fps. Dengan kecepatan ini, fotografer tak akan kehilangan moment penting saat memotret olahraga maupun objek bergerak.

Belum lagi dengan adanya teknologi autofokus Dual CMOS AF dan sistem autofokus 45 titik yang terkonsentrasi di bagian tengah. Kedua teknologi ini membuat pengguna lebih mudah menentukan posisi fokus kamera terutama dalam mode live view. Berbicara mengenai fitur live view, sistem autofokus EOS 6D Mark II ternyata mampu melakukan Servo AF ketika berada dalam mode live view. Hal ini tentu sangat berguna sekali ketika sedang menggunakan kamera untuk merekam video berkualitas Full HD 60fps.

Desain Layar EOS 6D Mark II Bisa Ditekuk

Seperti kamera DSLR Full Frame lainnya, Canon EOS 6D Mark II juga memiliki ukuran bodi yang cukup besar namun cukup ringan dengan bobot hanya 765 gram saja. Material aluminium alloy dan polikarbonat resin yang membungkus bodi kamera membuatnya terasa mantap dan tidak terlalu licin ketika digenggam. Pengguna kamera ini semakin dimudahkan ketika ingin mengambil foto dari sudut yang sulit berkat hadirnya fitur layar sentuh berukuran 3 inci yang bisa dilipat dan diputar.

Pengguna EOS 6D Mark II semakin dimanjakan dengan adanya fitur HDR video, Wi-Fi, NFC, Bluetooth dan GPS. Canon EOS 6D Mark II yang dirilis resmi pada bulan Juli 2017 yang lalu ini dijual di kisaran harga US$1999 untuk bodinya saja. Sedangkan versi kamera dan lensa kit Canon 24-105 f/3.5-5.6 STM dijual seharga US$2599 dan US$3099 untuk kamera dan lensa kit 24-105mm f/4L IS.