Berkenalan dengan Kamera Canon EOS 30D

Memilih kamera memang cukup sulit, karena di pasar banyak pilihan kamera yang tersaji dengan berbagai daya tarik. Nah, daripada bingung maka ada baiknya Anda menyesuaikan jenis kamera yang dibeli sesuai dengan kebutuhan. Jika Anda adalah pemula dibidang fotografi atau orang yang menggunakan kamera untuk sekedar menyalurkan hobi saja, maka kamera Canon EOS 30D bisa jadi pilihan. Untuk lebih meyakinkan Anda bahwa kamera Canon EOS 30D layak untuk dipilih, maka ada baiknya Anda berkenalan dulu dengan menyimak ulasan berikut ini!

Cerita Singkat Mengenai Kemunculan Kamera Canon EOS 30D

Kamera Canon EOS 30D pertama kali diluncurkan di Indonesia pada Februari 2006. Kamera ini memang sudah cukup lama menemani dunia fotografi di tanah air, terutama untuk mereka yang menggunakan kamera sebagai sarana menyalurkan hobi berburu foto. Saat kamera ini diluncurkan dan diumumkan pertama kali di khalayak ramai, ada beberapa dari mereka yang kecewa. Mengapa? Ini dikarenakan resolusi dari kamera ini masih sama dengan pendahulunya, yaitu 8.5 Megapixel. Padahal semua berharap resolusi keluaran terbaru ini lebih tinggi dari pendahulunya, yaitu Canon EOS 20D.

Namun, kekecewaan ini pun pada akhirnya tertutupi. Mengapa? Ini dikarenakan kamera Canon EOS 30D menghasilkan kualitas gambar yang cukup baik. Tidak hanya itu, saat memotret pun tingkat kebisingannya cukup rendah. Dengan alasan inilah kamera Canon EOS 30D jadi laris di pasaran, bahkan melampui angka penjualan yang ditargetkan oleh pihak Canon.

Spesifikasi Kamera Canon EOS 30D

Tipe sensor yang digunakan oleh kamera Canon EOS 30D adalah type CMOS. Kamera ini merupakan kamera SLR dengan resolusi gambar mencapai 3504 x 2336. Dengan menggunakan kamera ini, maka Anda bisa mengatur ISO secara manual, pilihan ISO-nya mulai dari 100 hingga 3200. Selain itu, dengan LCD panel berukuran 2.5 Inchi, maka Anda bisa cukup leluasa melihat detail gambar yang dihasilkan.

Untuk memudahkan Anda dalam memindahkan gambar, maka kamera ini pun dilengkapi dengan USB 2.0, sehingga gambar bisa dipindahkan kapan saja dengan menyambungkan kabel data. Untuk baterai yang ditanam di kamera ini pun cukup awet lho, karena mampu mengambil gambar hingga 1100 gambar. Dan gambar yang Anda dapat nantinya akan disimpan dalam format JPEG atau format RAW.

Harga Kamera Canon EOS 30D

Setelah berkenalan lebih dekat dengan kamera Canon EOS 30D, apakah Anda jadi tertarik untuk membelinya? Nah, karena kamera ini adalah kamera keluaran lama, maka akan sangat mungkin bagi Anda untuk membeli kamera bekas pakainya atau kamera second. Tapi kalau Anda ingin membeli kamera baru, maka harga kamera Canon EOS 30D ini masih cukup terjangkau, yaitu dengan harga sekitar 3 juta-an.