Macam-macam Kain Background Foto Terbaik yang Bisa Dipilih

Semakin merebaknya tren fotografi, keberadaan kain background foto pun semakin banyak dicari. Terutama bagi seseorang yang benar-benar serius ingin membuka usaha fotografi tersebut. Bukan hanya kualitas foto saja, tetapi pemilihan latar belakang alias background menjadi salah satu alasan apakah orang akan memutuskan buat menggunakan jasa anda atau tidak.

Bukan hanya digunakan buat para pebisnis atau tukang foto saja, keberadaan latar belakang foto juga banyak digunakan oleh orang biasa. Terutama bagi yang hobi melakukan kegiatan berfoto dengan tema-tema estetis. Jika anda masih membaca ulasan pada artikel ini, pasti sedang membutuhkan kain tersebut bukan?

Macam-macam Kain Background Foto

Tidak bisa dipungkiri jika keberadaan background foto memang mempunyai peran cukup penting didalam komposisi sebuah karya fotografi. Tidak heran banyak fotografer mencari jenis latar belakang terbaik dan berkualitas tinggi.

Hanya saja, tidak sedikit fotografer terutama pemula merasa bingung kain seperti apakah yang cocok untuk digunakan sebagai latar belakang. Sebab ada banyak jenis bahan dimana dapat digunakan sebagai background. Tetapi secara garis besar dibedakan menjadi dua yakni:

1. Muslin

Bahan kain background foto pertama adalah muslim. Adapun jenis bahan tersebut mempunyai karakter sangat menonjol. Yakni mempunyai tekstur lemas, mudah dilipat, berat ringan hingga harganya cukup terjangkau.

Adapun bahan ini biasanya terbuat dari bahan kain, kaos ataupun plastik. Tetapi sayangnya, untuk jenis kain ini mungkin akan terdapat bekas lipatan jika sudah dipasang. Tetapi anda tidak perlu khawatir karena akan mudah buat merapikannya. Adapun penggunaan bahan muslim banyak digunakan sebagai latar belakang foto wisuda.

2. Canvas

Kemudian ada pula background canvas dimana menawarkan estetika cukup tinggi. Tetapi, anda sebaiknya perlu memperhatikan bagaimanakah cara menyimpannya. Sebaiknya canvas disimpan dalam keadaan tergulung.

Mengingat kainnya sangat mudah untuk kusut dan lecek. Dibandingkan dengan bahan sebelumnya, kain inipun ternyata jauh lebih berat. Bagi yang ingin menggunakan canvas maka harus memperhatikan tata letak lightingnya. Sebab, pori-pori akan mempengaruhi hasil fotonya nanti.

Pilihan Background Foto Paling Banyak Digunakan

Ada banyak jenis background dimana dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Tentunya anda sudah mengetahui jenis bahan seperti apakah yang bisa digunakan bukan? berikut ini beberapa pilihan background untuk berfoto.

1. Motif Abstrak

Buat anda yang suka foto studio tetapi dengan konsep formal maupun non formal, latar belakang bermotif abstrak bisa jadi pilihannya. Motif inipun ternyata sudah sejak lama digunakan oleh masyarakat.

Menariknya lagi motif serta warnanya juga sangat beragam sehingga bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang. Motif abstrak juga sudah sejak lama digunakan sebagai latar belakang dalam acara pernikahan.

2. Background Wisuda

Sesuai dengan namanya, latar belakang foto satu ini khusus untuk wisuda formal. Biasanya terbuat dari kain musim dengan kualitas gambar dan warna sangat bagus. Berbicara soal motif, latar belakang ini biasanya menghadirkan motif berupa rak buku ataupun yang bernuansa pendidikan.

3. Kain Polos

Terakhir terdapat background foto polos alias tanpa motif sama sekali. Biasanya latar belakang ini bisa digunakan buat foto formal ataupun informal. Warna-warna yang dihadirkan juga sangat beragam mulai dari warna cerah hingga lembut. Ukurannya pun bisa disesuaikan kebutuhan masing-masing.

Dalam kegiatan fotografi, latar belakang memang mempunyai peran cukup penting sebab akan mempengaruhi hasil fotonya. Jika sedang mencari koleksi background foto lengkap dan berkualitas, segera cari di Blibli.com saja!

Anda mungkin juga suka...