Ciri-Ciri Kampas Rem Motor Sudah Mulai Menipis

Merawat motor merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan. Salah satunya adalah soal kondisi kampas rem. Seperti diketahui, pengereman merupakan elemen penting dalam kenyamanan serta keamanan berkendara. Oleh karena itu, agar motor dapat dikendarai dengan aman, Anda harus mengerti tentang pentingnya kampas pada rem motor.

Tidak harus semua hal tentang kampas rem perlu Anda mengerti. Paling tidak ketahuilah ciri kampas rem saat sudah mulai habis. Hal ini terdengar sepele tetapi perannya sangat penting. Nah, bagi Anda yang belum mengetahui tentang hal tersebut, langsung saja simak penjelasan lengkap tentang ciri kampas rem habis pada jenis rem tromol dan rem cakram.

Ciri-Ciri Kondisi Kampas Rem Akan Habis

Pengereman memiliki peranan sangat penting terhadap keamanan para pengendara motor. Oleh karena itu, diperlukan pengetahuan dasar mengenai cara mengetahui saat kampas rem mulai habis. Perlu diketahui, pada saat kampas sudah habis, maka komponen tersebut harus segera dilakukan pergantian.

Nah, terdapat beberapa tanda yang bisa dikenali oleh para pengendara saat kampas sudah mulai habis. Apabila tanda tersebut sudah mulai bermunculan, ada baiknya penggantian komponen segera dilakukan. Semua itu semata-mata hanya untuk mengutamakan keselamatan saat sedang berkendara. Adapun tanda kapan penggantian harus dilakukan adalah berikut ini.

1. Pada Rem Tromol

Ada beberapa kriteria untuk rem tromol, berikut ulasannya.

Tercium Bau Terbakar

Pada saat kampas habis, maka yang tersisa hanyalah bagian besinya saja. Pada saat itu terjadi, gesekan antar dua komponen dari besi yang berada dalam kondisi panas, tentunya akan memunculkan aroma terbakar di bagian belakang motor. Apabila hal seperti ini dibiarkan, tentunya dapat menimbulkan berbagai macam kerusakan pada kendaraan Anda.

Tarikan Rem Dalam

Ciri berikutnya dapat dirasakan pada saat dilakukan tarikan rem. Pada saat rem digunakan rasanya cukup dalam. Jika hal tersebut terjadi, bisa dipastikan bahwa komponen rem tersebut sudah mulai habis. Mengapa bisa begitu? Hal itu karena pada saat kampas menipis, jarak antar permukaan roda dan permukaan rem akan menjadi semakin lebar. Dengan begitu, saat mengerem akan terasa lebih dalam.

Apabila kondisi tersebut sudah terjadi, maka tindakan harus segera dilakukan. Langsung saja segera datangi bengkel terdekat untuk melakukan penggantian komponen. Jangan sampai membiarkan kondisi ini terlalu lama karena dikhawatirkan bisa menyebabkan kerusakan di bagian motor lainnya.

Ada Bunyi Gesekan

Tanda berikutnya adalah munculnya bunyi gesekan. Hal ini tentu sangat wajar terjadi karena adanya gesekan kampas dengan roda yang sama-sama dari besi. Kondisi seperti ini tidak boleh Anda abaikan begitu saja. Segera lakukan penggantian kampas agar roda dan rem tidak mengalami kerusakan.

2. Pada Rem Cakram

Tidak seperti tromol yang tidak dapat disaksikan secara langsung apabila kondisi kampas mulai menipis, di rem cakram hal seperti itu bisa diketahui dengan cukup mudah. Pada saat ketebalan sudah menjadi sekitar 2 mm, maka hal tersebut sudah bisa menjadi tanda bahwa sudah waktunya harus dilakukan penggantian komponen.

Selain pada ketebalan, Anda juga dapat mengetahui keadaan kampas dengan melihat warna permukaan. Jika warnanya sudah tidak terlihat mengkilap walaupun sudah dilap berkali-kali, maka hal itu bisa menjadi indikasi kalau penggantian harus segera dilakukan.

Itulah tadi ulasan mengenai ciri-ciri kampas rem mulai habis dan pentingnya kampas pada rem motor. Nah, khusus bagi Anda pengguna motor Suzuki, jangan ragu-ragu untuk segera mengunjungi service center Suzuki terdekat apabila kondisi motor sudah mulai tidak nyaman. Dapatkan informasi lengkap tentang kendaraan Suzuki lainnya di suzuki.co.id.

Anda mungkin juga suka...