3 Februari 2023

Cara membersihkan interior mobil sangat penting untuk diketahui, sebab bagian interior juga memiliki peranan penting untuk menciptakan kenyamanan bagi para penggunanya. Proses untuk membersihkan interior mobil juga tidak boleh sembarangan. Karena hal tersebut tidak bisa diselesaikan pada tempat cuci mobil terdekat.

Hal ini dikarenakan setiap bagian interior mobil terbuat dari bahan yang berbeda-beda. Oleh sebab itu, cara membersihkan bagian interior mobil juga menggunakan alat yang berbeda-beda.

Bila Anda memiliki banyak waktu, Anda bisa melakukannya sendiri tanpa perlu membawa mobil ke tempat cuci mobil ataupun ke bengkel.

Cara Membersihkan Interior Mobil

Berikut cara membersihkan interior mobil yang mudah untuk dilakukan agar mobil tidak kusam.

1. Siapkan Peralatan  Secara Lengkap

Cara membersihkan interior mobil yang pertama adalah dengan menyiapkan semua peralatan secara lengkap. Seperti yang telah diinformasikan sebelumnya bahwa setiap interior mobil terbuat dari material yang berbeda, sehingga membutuhkan peralatan berbeda untuk membersihkannya.

Beberapa peralatan yang bisa Anda persiapkan diantaranya kain microfiber, sikat kecil, kuas kecil, vacuum cleaner, dan cairan pembersih interior mobil.

2. Bersihkan Debu dengan Vacuum Cleaner

Setelah mempersiapkan semua peralatan secara lengkap, langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk memulai membersihkan bagian interior adalah dengan menggunakan vacuum cleaner.

Anda bisa menggunakan alat ini untuk menyedot debu yang ada pada bagian jok, kolong jok, konsol tengah, karpet, dan bagian dalam mobil lainnya. Penggunaan vacuum cleaner sangat efektif untuk membersihkan area interior mobil, terutama pada bagian yang atau lubang yang sulit terjangkau oleh tangan. Gunakan vacuum cleaner dengan kecepatan yang sesuai, jangan terlalu tinggi karena bisa merusak komponen interior yang lain.

3. Bersihkan Konsol dan Dashboard Mobil

Selesai membersihkan semua debu di bagian dalam mobil menggunakan vacuum cleaner langkah selanjutnya adalah membersihkan bagian konsol mobil dan dashboard. Seperti yang kita ketahui dashboard terletak di bagian depan dekat dengan kemudi mobil.

Dashboard merupakan bagian dari interior mobil yang mudah mengalami kotor. Sebab, dashboard sering digunakan untuk meletakkan barang dan makanan. Sehingga, jika bagian dashboard kotor maka kita harus segera membersihkannya karena akan mengganggu kenyamanan kita saat berkendara.

Cara membersihkan konsol dan dashboard mobil adalah dengan menyemprotkan cairan khusus secara merata untuk membersihkan bagian dashboard. Selanjutnya, Anda bisa lap menggunakan kain microfiber kering yang bersih. Lakukan hal yang sama pada bagian konsol mobil.

Saat membersihkan area konsol dan dashboard mobil jangan menekan terlalu keras. Usap secara perlahan dengan lembut agar tidak meninggalkan bekas baret. Anda juga bisa menggunakan kuas kecil yang lembut untuk membersihkan sela-sela yang sulit dijangkau.

4. Bersihkan Jok Mobil

Selanjutnya Anda bisa membersihkan bagian jok mobil dengan cairan khusus. Penting bagi Anda untuk menggunakan cairan khusus saat membersihkan jok mobil. Pasalnya, terdapat beberapa jok mobil yang terbuat dari bahan yang berbeda misalnya kulit, sintetis dan juga fabric. Masing – masing material tersebut membutuhkan cairan khusus yang berbeda untuk membersihkannya.

Penggunaan cairan khusus pembersih jok berfungsi menghilangkan noda yang menempel pada bagian jok mobil. Jika tidak ada noda membandel yang menempel, Anda cukup gunakan tisu basah untuk membersihkan area tersebut.

5. Bersihkan Door Trim Mobil

Selesai membersihkan bagian jok mobil, selanjutnya Anda bisa membersihkan bagian door trim mobil. Cara membersihkannya sama seperti saat Anda membersihkan jok mobil.

Umumnya, door trim terbuat dari bahan plastik atau fabric. Oleh sebab itu, gunakan cairan pembersih yang sesuai. Sebab, jika salah dalam menggunakan cairan akan meninggalkan bercak atau noda di bagian door trim.

6. Bersihkan Lantai  Mobil

Berikutnya, Anda bisa melanjutkan dengan membersihkan bagian lantai mobil. Anda bisa membersihkan lantai mobil menggunakan sapu kecil khusus mobil, untuk membersihkan bagian kotoran.

Kemudian untuk debu yang menempel, gunakan vacuum cleaner untuk menyedotnya. Selanjutnya untuk membersihkan bagian sudut, Anda bisa menggunakan kuas atau sikat gigi untuk hasil yang lebih maksimal.

7. Bersihkan Secara Rutin

Untuk menjaga interior agar bersih dan awet digunakan, Anda bisa membersihkannya secara rutin. Minimal Anda bisa membersihkan bagian kotoran yang terlihat, atau Anda bisa membuat jadwal satu kali dalam seminggu. Hal ini bertujuan agar interior mobil selalu terjaga kebersihannya.

Anda juga bisa menambahkan pewangi khusus mobil, untuk menjaga kesegaran udara di dalam mobil. Sehingga terhindar dari bau apek dan yang lainnya. Sediakan tempat sampah mini khusus mobil di bagian pojok, agar sampah di mobil tidak berserakan.

Hindari mengkonsumsi makanan basah di dalam mobil, karena bisa menimbulkan resiko tumpah. Hal tersebut akan menimbulkan bau tidak sedap pada mobil. Selain itu, bekas kuah atau cairan yang tumpah akan meninggalkan noda yang sulit untuk dibersihkan.

Demikian sekilas pembahasan tentang cara membersihkan interior mobil agar mobil bersih dan awet. Semua cara di atas bisa Anda implementasikan pada mobil kesayangan. Namun,bila Anda tidak memiliki waktu untuk membersihkan interior mobil, Anda pun bisa membawanya ke tempat cuci mobil terdekat.