Berhasil Sumbang Medali Perak, Ini 3 Fakta tentang Eko Yuli Irawan

Atlet Indonesia tak kenal lelah memberikan yang terbaik untuk bangsanya. Salah satunya adalah lifter kebanggan tanah air yaitu Eko Yuli Irawan. Kalau kamu nonton Olimpiade Tokyo 2020, pasti kamu tahu bahwa pada Minggu 2(25/7/21), Eko berhasil membawa pulang medali perak setelah berhasil mengumpulkan total angkatan 302 kg.

Keberhasilannya dalam membawa pulang medali di ajang menjadi kado istimewa tersendiri untuk dirinya. Pasalnya, pria kelahiran Lampun ini baru saja berulang tahun yang ke-32 pada 24 Juli 2021 lalu.

Dibalik keberhasilannya ada beberapa fakta menarik tentang atlet angkat besi ini yang sayang untuk dilewatkan. Berikut adalah 3 fakta menarik tentang Eko Yuli Irawan.

1. Medali ke-4 di Ajang Olimpiade

Nama Eko Yuli Irawan sudah tidak asing ditelinga pecinta olahraga cabor angkat besi. Namanya semakin terkenal ketika dirinya berhasil membawa pulang medali emas di ajang Asian Games 2018 yang diselenggarakan di Indonesia. Jauh sebelum itu, ternyata Eko Yuli telah sukses membawa pulang medali secara tiga kali berturut-turut sejak Olimpiade Beijing 2008 hingga terakhir pada Olimpiade Rio de Janeiro 2016.

Meskipun belum bisa membawa pulang medali emas, tapi nama Eko Yuli tercatat sebagai lifter dengan pemegang medali terbanyak di ajang olahraga yang diselenggarakan selama empat tahun sekali ini.

2. Berasal dari Keluarga Sederhana

Di balik cerita sukses Eko di dunia angkat besi, ternyata masih jarang yang tahu bahwa Eko Yuli datang dari keluarga yang sederhana. Eko Yuli merupakan anak dari seorang penjual sayur dan juga pengayuh becak. Eko yang semasa kecilnya harus membantu orang tuanya untuk menggembala kambing tak membuat dirinya putus semangat untuk meraih mimpinya menjadi seorang atlet weightlifter.

3. Tertarik pada Dunia Lifter sejak Usia Remaja

Siapa sangka sepak terjang Eko Yuli Irawan di dunia olahraga awalnya tak direstui oleh kedua orang tuanya. Eko yang harus membantu keluarga untuk mengurus hewan ternaknya. Di sela-selanya Ia bekerja, Eko sering melihat orang-orang berlatih angkat besi di daerah rumahnya. Ia pun mulai mencoba dan ikut bergabung menjadi anggota. Kegigihannya dalam berlatih lantas membuat pelatih di klub tersebut melirik Eko Yuli dan mengajaknya untuk berlatih lebih serius.

Kini siapa yang tak kenal dengan atlet angkat besi dengan segudang prestasi ini. Eko pun berharap dirinya masih bisa mengikuti ajang Olimpiade berikutnya agar bisa membawa harum nama bangsa.

Itulah sederet fakta menarik seputar Eko Yuli Iriawan. Atlet ini dengan segudang prestasi patut kita apresiasi atas perjuangannya di Olimpiade Tokyo 2020. Walaupun belum bisa menyabet medali emas, semangat Eko Yuli untuk mengabdi kepada bangsa patut kita contoh.

Ayo dukung terus atlet Indonesia lainnya yang masih berjuang di Jepang dengan nonton Olimpiade Tokyo 2020 melalui platform streaming Vidio. Download aplikasinya sekarang dan jadilah saksi atas kehebatan para olahragawan Indonesia bertanding di kancah internasional.