AC Mobil Tidak Dingin? Segera Cek 7 Komponen Ini

AC Mobil Tidak Dingin Segera Cek 7 Komponen Ini

Freon selalu menjadi hal yang disalahkan ketika ac mobil tidak lagi dingin. Lantas Anda buru-buru untuk menjadwalkan pengisian freon pada mobil, padahal penyebabnya tidak selalu sama.

Ac mobil yang hanya keluar angin tidak selalu disebabkan oleh menurunnya kapasitas freon. Penyebabnya bisa dikarenakan kondensor, kompresor atau extra fan pada sistem ac. Anda sebaiknya segera melakukan pengecekan pada komponen-komponen tersebut.

7 Penyebab Masalah AC Tidak Dingin pada Mobil

AC Mobil Tidak Dingin Segera Cek 7 Komponen Ini

Semua mobil yang baru diproduksi selalu dilengkapi dengan sistem ac, jadi jika terjadi kerusakan sudah pasti Anda kegiatan berkendara akan terganggu. Freon memang menjadi bahan yang bekerja untuk menghasilkan udara dingin.

Cairan freon bisa saja habis karena penggunaan atau terjadinya kebocoran pada sistem ac. Misalnya saja bocor di sambungan pipa, shaft atau relief valve. Ketika freon habis maka angin hangatlah yang akan keluar.

Namun permasalahan ac yang tidak dingin juga bisa disebabkan oleh beberapa hal lainnya. Berikut ini beberapa komponen yang harus Anda cek jika mengalami masalah pada ac.

Kotornya Kondensor AC

Kondensor bekerja untuk membuang suhu panas yang dihasilkan oleh kompresor ac. Panas ini harus dibuang agar tidak mempengaruhi panasnya mesin mobil. Apabila kondensor ac mengalami kotor, maka akan menimbulkan masalah pada ac.

Salah satu akibat yang dihasilkan adalah tidak dingin lagi dan yang keluar hanyalah angin. Kotoran yang sudah menumpuk banyak akan menjadikan pembuangan panas tidak sempurna dan panas tidak memiliki sirkulasi yang baik.

Anda wajib membersihkan komponen kondensor ini sehingga kotoran tidak menumpuk terlalu banyak.

Rusaknya Kompresor Ac

Sudah terlalu lama tidak membersihkan kondensor ac? Kerusakan bisa bertambah ke bagian kompresor. Ketika panas dari kompresor tidak dialirkan dengan baik maka kerusakan dapat terjadi.

Ciri dari kompresor ac yang rusak adalah berubah menjadi warna hitam. Selain itu warna tersebut juga menandakan bahwa receiver dryer atau expansion valve mengalami penyumbatan kotoran.

Rusaknya kompresor ac ini hanya bisa diperbaiki dengan menggantinya.

Kerusakan Thermo dan Resistor

Fungsi utama komponen Thermo dan Resistor ini adalah untuk menjaga kestabilan suhu kabin ketika mencapai suhu yang tepat. Thermistor yang rusak menimbulkan hilangnya sinyal yang dikirim ke komrepsor.

Akibatnya kompresor akan bekerja terus menerus sehingga evaporator pun membeku. Ketika sudah membeku maka angin dingin tidak akan keluar ke dalam kabin. Thermistor bisa rusak karena berbagai sebab seperti usia, kualitas produk dan juga pecahnya sensor.

Matinya Ekstra Fan

Komponen ini letaknya ada di depan kondensor dan bisa mempengaruhi proses kondensasi jika mengalami kerusakan. Kondensasi adalah proses untuk penurunan suhu di dalam komponen kondensor.

Ketika ekstra fan sudah tidak berputar kembali maka penurunan suhu pun tidak akan bekerja. Oleh karena itu kabin akan langsung terasa lebih panas.

Putusnya Fan Belt

Fan belt adalah komponen yang bekerja untuk menyalurkan putaran mesin ke arah kompresor. Ketika fan belt sudah putus, getas atau mengalami kerusakan lainnya maka kinerja kompresor pun akan menurun.

Aliran putaran mesin tidak menjadi maksimal, dampaknya ada pada aliran freon pun tidak bersirkulasi dengan baik. Anda harus menerima hanya angin panas saja yang keluar dari sistem ac.

Pengisian Oli Kompresor yang Berlebih

Kompresor ac membutuhkan penggantian oli, namun jika penggunaannya berlebihan bisa menimbulkan tekanan freon meningkat. Tekanan yang terlalu tinggi bisa menimbulkan panas pada kompresor dan jadi sumber masalah.

Akibat lainnya yang muncul adalah kondensasi yang terhambat. Kondensasi adalah proses penurunan suhu, yang jika terganggu akan membuat angin dingin tidak keluar.

Evaporator yang Tersumbat

Debu dan kotoran selalu menjadi sumber masalah yang terjadi pada mesin, salah satunya evaporator ac. Aliran blower yang dialirkan ke evaporator bisa tersumbat karena kotoran dan debu ini.

Masalah ini kerap kali terjadi dan harus menjadi bagian yang sering dibersihkan. Jika sudah tersumbat Anda harus bersiap hanya angin hangat yang keluar.

Mengatasi masalah ac ini harus ditangani langsung oleh ahlinya. Anda bisa berkunjung ke bengkel resmi Suzuki berikut ini.

Suzuki Dealer Duta Cendana Adimandiri – https://suzukidutacendana.co.id

Suzuki Dealer Dwiperkasa Mobiltama – https://suzukidwiperkasa.co.id

Suzuki Armada Perkasa Mobilindo – https://suzukiarmada.co.id

Anda mungkin juga suka...