6 Tips Mencicil Mobil di Masa Pandemi, Agar Keuangan Tetap Aman

Tak sedikit masyarakat yang memerlukan kendaraan seperti mobil guna menunjang segala aktivitas. Namun ketika berniat ingin membeli mobil baru ataupun bekas, tak harus dibayar secara kontan karena calon pemilik dapat membeli secara kredit. Mencicil mobil seperti Alphard bekas tak menjadi suatu masalah, karena kini terdapat banyak pilihan kredit yang dapat diambil sesuai kemampuan.

Namun di masa pandemi seperti saat ini, calon pembeli tak boleh asal dalam mengajukan kredit kendaraan. Pasalnya dengan kondisi keuangan yang tidak stabil, membuat masyarakat harus menyusun perencanaan matang ketika memutuskan mencicil kendaraan. Untuk itu simak tips mencicil di masa pandemi berikut ini!

Pilih Kendaraan Sesuai Kemampuan

Meskipun Anda berniat mencicil kendaraan, bukan berarti Anda dapat memilih mobil dengan harga di atas kemampuan. Memilih mobil sesuai anggaran yang dilihat dari kondisi finansial bulanan menjadi hal penting, agar dapat menjadi patokan dan kesanggupan dalam mencicil setiap bulannya.

Untuk itu mantapkan pilihan pada satu produk incaran dengan harga sesuai kemampuan, agar tidak mengalami kesulitan mencicil di kemudian hari.

Perhatikan Rincian Harga Kendaraan

Setelah memilih kendaraan, hal yang tak kalah penting adalah menanyakan secara detail mengenai jumlah cicilan setiap bulannya. Mintalah rincian kepada pihak penjual, agar Anda dapat memilih tenor yang tepat sesuai kondisi keuangan. Selain itu Anda juga dapat melakukan simulasi kredit, sehingga dapat memperkirakan jumlah cicilan bulanan yang harus dibayarkan nantinya.

Pilih Cicilan Dengan DP Besar

Jangan tergiur ketika melihat harga mobil bekas Avanza dengan uang muka rendah. Pasalnya, uang muka rendah membuat cicilan bulanan Anda akan jauh lebih besar jika dibandingkan dengan uang muka tinggi.

Pihak penjual umumnya menyediakan besaran uang muka mulai dari 10% hingga 30%. Karena itu ada baiknya untuk mempersiapkan dana cukup guna membayar uang muka, agar nantinya dapat meringankan cicilan bulanan Anda.

Pilih Tenor yang Tak Melebihi Umur Ekonomis Kendaraan

Memilih tenor yang panjang memang dapat meringankan cicilan bulanan, namun rupanya hal tersebut dapat menjadi masalah baru di kemudian hari.

Pasalnya memilih tenor melebihi umur ekonomis kendaraan dapat membuat pengeluaran Anda naik menjadi dua kali lipat di masa depan, yakni untuk biaya pemeliharaan serta biaya cicilan. Untuk itu pastikan Anda memilih tenor yang tidak melebihi umur ekonomis kendaraan tersebut.

Pilih Suku Bunga Terbaik

Hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah suku bunga. Umumnya terdapat dua pilihan suku bunga kredit pada kendaraan, yakni floating rate atau suku bunga mengambang serta fixed rate atau suku bunga terus.

Anda dapat menggali informasi terkait jenis suku bunga tersebut, sehingga nantinya dapat memilih mana yang paling sesuai dengan kondisi keuangan.

Manfaatkan Diskon

Diskon ataupun penawaran menarik lainnya yang disediakan oleh penjual dapat dimanfaatkan, agar Anda bisa mendapatkan mobil impian dengan harga terbaik. Contohnya potongan harga dari pihak penjual, hingga diskon PPnBM atau Pajak Penjualan atas Barang Mewah.

Beli di Marketplace Terpercaya

Meskipun terdapat banyak penjual mobil baik online maupun offline, Anda perlu teliti dalam memilih penjual. Karena salah-salah justru bukan meminang kendaraan impian, namun kerugian yang akan didapat.

Produk marketplace yang melayani pembelian mobil baru dan bekas, tukar tambah kendaraan, booking service, hingga pembelian spare part adalah Seva.id. Produk marketplace dari PT Astra Digital ini menyediakan beragam jenis mobil berkualitas, bergaransi, serta telah lulus uji inspeksi.

Itulah tips mencicil kendaraan di masa pandemi, tak terkecuali Alphard bekas ataupun jenis lainnya. Jangan lupa dicatat dan semoga bermanfaat!

Anda mungkin juga suka...