Posisi Pekerjaan di Industri Kreatif Yang Cukup Banyak Dicari

Perusahaan yang bergerak di industri kreatif meminta HRD untuk mencari talent acquisition agar mendapatkan kandidat dengan skill yang tepat. Hal ini tentu tidak mudah karena setiap posisi memiliki deskripsi pekerjaan dan juga posisi yang berbeda.

Oleh sebab itu Anda harus mengetahui terlebih dahulu posisi dan juga apa pekerjaan mereka sehingga kita sebagai kandidat bisa melengkapi dan membekali diri dengan skill yang terkait. Tanpa berbasa-basi lagi berikut beberapa posisi di industri kreatif yang memiliki prospek yang cukup bagus.

1. Desainer grafis

Apakah Anda suka menggambar, menggambar dan selalu tertarik dengan semua jenis gambar? Maklum, profesi desainer grafis sangat diminati di industri kreatif. Ini memungkinkan Anda membuat karya seni logo, menggambar elemen web, dll. Desain grafis adalah profesi yang menawarkan banyak kemungkinan untuk karir profesional.

2. Art director

Profesi selanjutnya yang juga sangat populer yaitu direktur artistik. Art director atau direktur seni adalah semacam jembatan antara klien dan tim desainer dan kreatif lainnya. Sebagai contoh ada pelanggan yang ingin mengiklankan produk pembersih. Art director bertanggung jawab untuk membuat iklan yang menarik, memastikan tidak ada detail yang terlewatkan, sehingga pelanggan puas.

3. Creative Director

Di atas Art Director adalah Direktur Kreatif yang menurut Rasmussen College lebih banyak bekerja di sisi eksekutif. Mereka menjadi garis akhir dari proses kreatif, memutuskan apakah produksi sesuai dengan arah dan keinginan klien. Jika Anda memiliki latar belakang desain, seni, media atau bahkan periklanan, ini mungkin pekerjaan untuk Anda. Banyak orang yang juga salah mengira bahwa posisi art director dengan creative director adalah sama.

4. Copywriter

Copywriting juga semakin diminati di industri kreatif akhir-akhir ini. Pekerjaan mereka kurang lebih membuat salinan atau teks yang menarik, sering kali untuk iklan atau materi promosi lainnya. Jika Anda merasa nyaman menyusun kata-kata dan membuatnya menarik, Anda dapat memulai karir di bidang ini.

5. Penulis

Sampai saat ini, penulis telah menjadi salah satu profesi kreatif yang paling stabil dengan masa depan yang cerah. Anda dapat memilih untuk menjadi penulis buku, penulis konten web atau cetak, dan banyak lagi. Ada banyak orang yang menulis konten.

Semakin tinggi pertumbuhan ekonomi di Indonesia secara langsung juga menunjukkan bahwa kegiatan dagang dalam negeri cukup aktif. Banyak sekali perusahaan retail maupun jasa yang membutuhkan strategi pemasaran yang tepat melalui strategi pemasaran kreatif. Hal ini lah yang mendasari kenapa beberapa profesi di atas cukup diminati. Selain itu hal ini juga membuka unit usaha baru seperti creative agency Jakarta yang berfokus di industri kreatif sehingga bisa membantu pengusaha kecil, menengah hingga besar dalam mengatur strategi pemasaran kreatif mereka.