Contoh Elliptical Sentence Sederhana yang Mudah Dipahami

Contoh elliptical sentence atau kalimat elipsis dalam bahasa Inggris harus diketahui oleh Anda yang sedang persiapan melakukan tes Inggris. Kalimat elipsis ditandai dengan adanya dua atau lebih subjek yang berbeda namun memiliki predikat yang sama. Kalimat elipsis berguna untuk menghindari pemborosan atau pengulangan kata. Dalam bahasa Inggris, kalimat elipsis dibagi menjadi tiga jenis. Yaitu kalimat gabungan setara positif, kalimat gabungan setara negatif, dan kalimat gabungan setara berlawanan.

Jenis-jenis dan Contoh Elliptical Sentence

Kalimat Gabungan Setara Positif

Kalimat elipsis yang pertama merupakan kalimat gabungan yang predikatnya berbeda namun subjeknya sama. Sehingga kalimat ini ditandai dengan adanya kata hubung “and”. Contoh elliptical sentence-nya adalah sebagai berikut:

Kalimat 1: My boyfriend gave me flowers as our anniversary gift

Kalimat 2: My Best friend gave me flowers as our anniversary gift

Gabungan: My boyfriend gave me flowers as our anniversary gift, and my best friend did too.

Kalimat Gabungan Setara Negatif

Secara umum, kalimat gabungan setara positif hampir sama dengan kalimat gabungan setara negatif. Seperti namanya, tentu saja yang digunakan dalam jenis kalimat elipsis yang satu ini adalah kalimat negatif. Contohnya adalah sebagai berikut:

Kalimat 1: Bela didn’t come to my wedding party

Kalimat 2: Deanisa didn’t come to my wedding party

Gabungan: Bela didn’t come to my wedding party, and Deanisa didn’t either.

Kalimat Gabungan Setara Berlawanan

Kalimat gabungan setara berlawanan terdiri dari beberapa subjek yang berbeda, predikat sama, dan kondisi yang berlawanan. Sehingga, dalam kalimat elipsis ini digunakan kata penghubung “but”. Contoh kalimat gabungan setara berlawanan adalah sebagai berikut:

Kalimat 1: Mrs. Sevia is working in my school

Kalimat 2: Her husband  is not working in my school

Gabungan: Mrs. Sevia is working in  my school but her husband  is  not.

Untuk yang ingin lebih menguasai elliptical sentence, Anda bisa bergabung dengan salah satu lembaga kursus Inggris terbaik di Indonesia, yaitu EF English First. Di sana Anda bisa mempelajari contoh elliptical sentence dan materi-materi bahasa Inggris lainnya. Terdapat banyak pilihan kelas kursus untuk menambah skill berbahasa sekaligus untuk persiapan tes Inggris. EF bisa menjadi proses pertama sebelum Anda menjelajahi dunia setelah mahir berbahasa Inggris. Yuk daftarkan diri Anda sekarang juga!