Kamera Sudah Menjadi Bagian Tak Terelakkan dari Keeksisan Masa Kini

Kamera Sudah Menjadi Bagian Tak Terelakkan dari Keeksisan Masa Kini

Sejak sosial media menjadi hal yang tak bisa dilepaskan dari kebutuhan manusia, kamera menjadi barang yang wajib dimiliki pengguna aktif sosial media. Berbagai sosial media seperti Instagram dan path memang banyak mengunggah aktivitas penggunanya dalam bentuk foto. Sedangkan apabila ingin menjadi youtubers, tentu harus video dengan tema ataupun kualitas baik yang akan digemari pengguna sosmed lain. Selain foto, video-video yang diunggah baik vlogger dan youtubers pun membutuhkan alat untuk pengambilan videonya.

Kamera Sudah Menjadi Bagian Tak Terelakkan dari Keeksisan Masa Kini

Pengambilan foto maupun video sendiri pada masa kini sudah dapat menggunakan smartphone. Seiring perkembangan teknologipun pengambilan foto dan video menggunakan smartphone dapat menghasilkan kualitas yang tidak perlu diragukan. Namun akan lebih lengkap rasanya apabila pengguna sosial media memiliki kamera digital yang tengah populer di kalangan pengguna sosial media. Berikut adalah beberapa contohnya:

1. Mirrorless

Mirrorless ini tidak memakai cermin (mirrorbox), lain halnya dengan DSLR. Sehingga ukurannya lebih kecil dibanding DSLR. Mirrorless pun memiliki berat yang ringan yang menjadikan pengguna akan lebih mudah dalam pemakaiannya. Kelebihannya adalah lensanya yang dapat dilepas. Mirrorless ini sangat populer dikalangan artis sosial media. Banyak yang menggunakan Mirrorless untuk melakukan mirror selfie. Beberapa mirrorless dengan desain retro memang bagus untuk memperbaiki feed instagrammu.

2. Digital Single Lens Reflex (DSLR)

Banyak fitur yang dimiliki kamera DSLR, sehingga foto yang dihasilkan pun menarik. DSLR memiliki beberapa macam lensa, diantaranya adalah lensa fish eye dan lensa zoom yang naik daun sekitar tahun 2015. Sebagai pemula, Nikon D3400 dengan lensa 24mp bisa kamu gunakan hanya dengan kisaran harga 6 juta rupiah saja. DSLR dengan harga terjangkau lainnya adalah Pentax K-R, Canon EOS 1300D, dan Pentax K-S2. Apabila kamu menginginkan yang semi-pro, Nikon D7200 atau Canon EOS 80 D bisa menjadi solusinya.

3. Action Camera

Action camera ini sangat digemari oleh kalangan muda. Action cam ini memang dapat dikatakan sangat sesuai untuk pengguna yang senang dengan aksi ekstrem, sesuai dengan namanya. Banyak vlogger yang menggunakan action camera ini sebagai penunjang aktivitas yang didokumentasikannya, baik itu foto maupun video. Kamera ini memiliki bentuk yang kecil sehingga mudah dipasang di atas helm untuk merekam video.

Kualitas yang perlu dipertimbangkan adalah kualitasnya yang tinggi dengan hasil video 1080p atau 720p. Terdapat pula fitur image stabilization yang berguna untuk mengambil gambar jelas yang tidak terpengaruh goncangan. Action Cam yang paling sering digunakan pada sekarang ini adalah GoPro dan Xiaomi YI action camera. Banyak action cam ini yang berharga kurang dari sepuluh juta.

4. Kamera Video

Tidak seperti DSLR, fungsinya hanya untuk mengambil gambar bergerak atau video. Sangat berguna untuk para vlogger dan youtubers yang lebih banyak berkarya melalui video yang dibuatnya. Jadi wajib untuk kamu yang berkecimpung di YouTube. Apabila kamu menginginkan untuk membeli namun dengan harga terjangkau, Panasonic HC-W580, Panasonic HC-MDH2, Panasonic HC-V380, dan Panasonic HC-V180, bisa menjadi solusinya.

5. Boutique Camera

Bentuknya kecil dan ringkas sehingga tidak merepotkan saat dibawa. Walaupun desainnya yang terlihat sudah ketinggalan zaman, namun kualitas gambarnya setara dengan DSLR yang semi-pro atau bahkan profesional. Produk ini merupakan icon dari Leica. Memiliki sensor fullframe yang mumpuni. Namun harganya cukup tinggi, berkisar puluhan bahkan ratusan juta. Wow harga yang fantastis!

6. Kamera Smartphone

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, smartphone juga dapat digunakan pengguna media sosial dalam menunjang keeksisannya. Dalam kurun lima tahun kebelakang, banyak sekali smartphone yang dapat menghasilkan kualitas foto dan video yang tidak dapat diremehkan. Dengan Smartphone menengah ke atas, pengambilan foto atau video tidak kalah kualitasnya dengan pengambilannya menggunakan DSLR.

Contohnya smartphone yang memiliki kualitas kamera mumpuni adalah Samsung Galaxy S8, LG G4, Oppo F1 Plus, Huawei P8, Lenovo Vibe Shot, dan masih banyak lagi. Penggunaan smartphone ini sangat sederhana dan mudah. Ditunjang tongsis atau tongkat eksis, pengambilan foto dan video menggunakan smartphone dinilai sangatlah praktis dan dengan hasil yang memuaskan. Smartphonepun sangat bermanfaat bagi kamu yang duka selfie.

Selain kamera digital, terdapat pula polaroid yang sangat digandrungi oleh para pemuda. Dengan polaroid, objek yang menjadi bidikan dapat langsung dicetak setelah dilakukan pengambilan fotonya. Penggunaannya pun sangat sederhana dan tidak memerlukan keahlian khusus. Banyak sekali kelebihan polaroid ini yang menjadikannya beken untuk digunakan. Sangat cocok untuk dipasang di berbagai media sosialmu.

Kelebihan polaroid diantaranya adalah kemudahan dalam menggunakannya karena tidak banyak fitur yang memerlukan pengaturan lanjut. Bayangkan saja hanya terdapat satu tombol yang tersedia. Sedangkan pada DSLR, tombolnya dapat mencapai lebih dari dua puluh tombol untuk penggunaannya. Hal istimewa lain dari polaroid ini adalah hanya dibutuhkan waktu sekitar satu menit dalam pencetakan fotonya. Sedangkan pada yang lain, misal DSLR, membutuhkan waktu untuk mencetaknya dimana foto harus dipindahkan terlebih dahulu, baru kemudian foto dapat dicetak.

Sebagai pengguna sosial media tentu bukan hal aneh apabila kamu menunjukkan betapa lucu kamera yang kamu punya. Banyak polaroid yang memiliki desain yang lucu dan worth it untuk dipamerkan dalam instagrammu. Contohnya saja polaroid Fujifilm Instax dengan bermacam warna dan desain imutnya. Harga polaroid Fujifilm Instax inipun masih sangat terjangkau. Berkisar dari dibawah satu juta sampai dengan dua jutaan, polaroid Fujifilm Instax ini sudah dapat kamu miliki.

Anda mungkin juga suka...