Penghemat Baterai HP Untuk Perjalanan Jauh, Pakai Aplikasi Atau Tidak?

penghemat baterai hp sangat perlu dilakukan apalagi ketika sedang dalam perjalanan jauh

Ketika akan melakukan perjalanan jauh selain mempersiapkan berbagai kebutuhan, memastikan HP dalam kondisi full baterai juga jadi hal yang sangat penting. Ada yang selalu siap sedia powerbank, ada juga yang mencoba cara penghemat baterai HP langsung di HP Anda atau memasang aplikasi tambahan.

penghemat baterai hp sangat perlu dilakukan apalagi ketika sedang dalam perjalanan jauh

Penghemat Baterai HP Tanpa Aplikasi

Kalau Anda tidak mau ribet memasang aplikasi, sebenarnya ada cara mudah yang bisa dipakai tapi memang harus dilakukan sebelum melakukan perjalanan jauh tersebut. Diantaranya adalah:

Konektivitas off

Sebaiknya Anda mematikan konektivitas internet lebih sering, sehingga baterai HP bisa bertahan lebih lama. Sebab konektivitas yang selalu on, cepat menghabiskan baterai karena sistem selalu mencari kestabilan jaringan.

Tutup Aplikasi

Pastikan untuk menonaktifkan sementara aplikasi yang sedang tidak digunakan, cara ini juga terbukti bisa menghemat baterai HP. Caranya tinggal cek mapa manajemen aplikasi, kemudian pilih aplikasi, klik kanan pada aplikasi tersebut dan pilih non aktif.

Low Light

Kurangi pancaran cahaya pada HP, caranya tinggal pemilih pengaturan pencahayaan dan atur cahaya hingga ke level terendah yang masih bisa Anda lihat.

Aplikasi Lite

Kalau Anda masih harus membuka beberapa aplikasi. Sebaiknya pilih aplikasi dengan ukuran kecil atau versi lite yang tidak akan menyerap baterai banyak ketika digunakan.

Turun Resolusi

Menurunkan resolusi gambar saat mengunggah atau mengunduh dokumen berupa foto atau video, juga bisa jadi solusi untuk menghemat baterai HP.

Aplikasi Penghemat Baterai HP

Ada tiga aplikasi yang bisa dipakai untuk meminimalisir cepatnya HP kehabisan baterai. Anda tinggal pilih salah satunya.

Battery Doctor

Aplikasi ini membantu meminimalisir konsumsi baterai yang dilakukan berbagai aplikasi pada HP. Caranya dengan mengunci aplikasi penyerap baterai paling banyak, sehingga ketika aplikasi itu tidak dipakai maka baterai bisa maksimal untuk kebutuhan lain. Bahkan ada pengguna battery doctor yang bisa menghemat baterai untuk 2 hari.

Accu Battery

Cara kerjanya sama dengan aplikasi sebelumnya, dengan mencegah aplikasi lain yang memakan baterai besar untuk beroperasi selama Anda mau menghemat baterai. Kemudian, akan ada notifikasi langsung ketika baterai sudah membutuhkan penghematan lengkap dengan cara penghematan yang bisa dilakukan.

Easy Battery Saver

Anda akan sangat mudah mengetahui berapa persen baterai yang tersisa, kemudian ketika masuk masa penghematan akan langsung menyarankan pakai cara yang tepat. Jadi Anda tinggal ikuti prosedur penghematan yang disarankan, kemudian handphone akan bertahan lebih lama.

Mau pakai langkah penghematan baterai HP yang mana? Pakai aplikasi atau tidak? Sebenarnya sama saja, yang penting Anda perlu meminimalisir penggunaan HP selama proses penghematan dilakukan, supaya baterai tetap tersedia untuk kondisi darurat.

Anda mungkin juga suka...