Ini Dia 5 Cara Memilih Bus Pariwisata yang Aman di Era New Normal

Era new normal yang telah berlaku saat ini telah memberi harapan untuk memperbaiki berbagai sektor, seperti pariwisata. Kamu saat ini bisa liburan seperti sedia kala. Demi mendapatkan keamanan dan kenyamanan, kamu perlu mengetahui cara memilih bus pariwisata yang aman di era new normal.

Meski sudah bisa melakukan aktifitas dan liburan, kamu harus mematuhi beberapa aturan baru saat ingin liburan menggunakan armada bus. Hal ini demi menjaga masyarakat agar tetap aman selama menjalankan aktifitas. Berikut penjelasan lengkapnya.

Cara Memilih Bus Pariwisata yang Aman di Era New Normal

1. Keamanan Kegiatan Operasional dan Staf

Jika kamu memilih menggunakan armada bus pariwisata kamu harus memastikan mereka dapat mengoptimalkan kualitas operasional. Kamu juga harus memastikan staf yang mendampingi selama perjalanan telah terlatih untuk mempersiapkan dan melaksanakan rencana operasional.

Pihak penyedia bus pariwisata bisa dianggap memiliki rencana operasional yang baik apabila:

– Memperoleh lisensi melakukan perjalanan wisata oleh pemerintah setempat.
– Mematuhi rencana pencegahan COVID-19 termasuk daftar periksa untuk pencegahan penularan virus.
– Mematuhi protokol dan menerapkan pedoman kesehatan, termasuk pemeriksaan kesehatan untuk staf dan juga penumpang.
– Menyediakan peralatan perlindungan pribadi untuk staf, seperti masker dan penutup kepala selama melakukan perjalanan.

2. Pastikan Keamanan Selama Perjalanan

Kamu juga perlu memastikan bahwa pihak penyedia armada bus telah memberikan layanan terbaik untuk memastikan keamanan penumpang. Berikut beberapa layanan yang perlu kamu pertimbangkan:

– Pembersih tangan atau sabun cair dan tisu di toilet.
– Penumpang dan staf harus selalu mengenakan penutup kepala saat berada di dalam bus.
– Penumpang diharuskan menempati kursi sesuai dengan nomor yang tertera di boarding pass dan tidak diperbolehkan mengganti kursi.
– Penumpang dan staf diharuskan mengurangi interaksi atau kontak fisik selama melakukan perjalanan.
– Staf menyediakan tempat sampah dengan kantong liner jika memungkinkan.
– Menerapkan standar operasional prosedur sanitasi hygiene untuk pencegahan COVID-19.

3. Kebersihan Kendaraan

Kebersihan armada bus juga perlu diperhatikan. Pastikan bus yang ingin kamu sewa selalu dibersihkan dengan desinfektan secara berkala. Apabila dilakukan shuffle kendaraan juga harus memperhatikan kebersihan armada.

Tempat duduk yang disediakan juga harus dipastikan bersih dan aman. Segala benda-benda yang ditinggalkan oleh penumpang sebelumnya juga harus dibuang.

4. Keamanan Pembayaran

Kamu juga perlu memastikan keamanan pembayaran. Jika memungkingkan, pembayaran dilakukan secara online. Jika tidak memungkinkan, pertimbangkan untuk menggunakan sarung tangan ketika melakukan pembayaran.

Selain memastikan pihak penyedia armada bus menerapkan segala peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah, keamanan pembayaran juga perlu. Hal ini juga untuk meminimalisir penyebaran virus melalui media benda padat seperti uang.

5. Riset Tujuan Wisata

Sebelum melakukan perjalanan wisata kamu juga harus cek apakah pihak awak kendaraan telah memahami peraturan di wisata tujuan. Di era new normal ini setiap daerah memberlakukan beberapa kebijakan baru terkait dengan kunjungan wisata.

Jika awak kendaraan dan staf lainnya telah memahami peraturan yang Ada, kamu tak perlu khawatir mengalami penolakan masuk ke area tertentu. Dan apabila tujuan wisata masih belum memperbolehkan wisatawan berkunjung, kamu masih bisa mengganti lokasi seefisien mungkin.

Demi mendapatkan kenyamanan dan keamanan selama perjalanan kamu bisa sewa bus TRAC untuk menemani perjalanan wisata kamu. Staf TRAC memastikan kebersihan kendaraan dan menerapkan sanitasi hygiene.

Itulah beberapa cara memilih bus pariwisata yang aman di era new normal. Cara-cara di atas bisa membantu kamu untuk memilih armada bus paling aman dan nyaman selama perjalanan wisata. Dan jangan lupa selalu menjaga kesehatan agar liburanmu semakin menyenangkan.