Bunda Wajib Tahu, 5 Nutrisi Penting untuk Perkembangan Anak

Ketika menjadi orang tua, memperhatikan perkembangan anak secara fisik maupun mental sangatlah penting. Untuk menunjang tumbuh kembang si kecil, diperlukan asupan makanan bernutrisi, pengecekan kesehatan secara rutin, dan pola pengasuhan yang baik. Akan tetapi, makanan dengan nutrisi apa saja yang sebaiknya diberikan kepada anak, supaya perkembangan buah hati Anda tidak terhambat dan semakin baik tiap harinya?

Nutrisi Penting untuk Tumbuh Kembang Buah Hati

1. Protein
Dibandingkan orang tua, anak membutuhkan lebih banyak protein untuk membantu pertumbuhannya secara fisik. Bukan hanya fisik yang tampak di luar, tetapi juga organ dalam seperti otak, otot, dan lain sebagainya. Protein akan membantu memelihara memperbaiki jaringan-jaringan tubuh yang rusak, serta mempercepat penyembuhan tubuh ketika sedang terserang penyakit.

Inilah mengapa penting sekali untuk selalu memberi asupan protein pada anak. Contohnya, Anda bisa memberi konsumsi tahu, tempe, ikan, telur, ayam, maupun kacang-kacangan.

2. Vitamin
Ada 14 jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh, di mana ketika salah satu tubuh kekurangan vitamin tersebut, akan mudah dijangkiti macam-macam penyakit. Mulai dari penyakit ringan flu, hingga penyakit berat yang sulit diobati. Oleh karena itu, penting sekali memberikan vitamin pada tahap tahap perkembangan anak.

3. Mineral
Tidak kalah penting dari protein dan vitamin, mineral juga sangat dibutuhkan untuk perkembangan anak secara fisik maupun mental. Mulai dari zat besi, forfor, dan mineral lainnya harus dikonsumsi secara seimbang. Anda dapat memperoleh mineral tersebut pada sayur dan buah-buahan yang dikonsumsi.

4. Lemak
Selama ini lemak dikenal sebagai zat jahat yang menyebabkan kegemukan dan lain-lain. Padahal, ada juga lemak baik yang dibutuhkan tubuh. Lemak dibutuhkan sebagai pelarut vitamin A,D,E, dan K, yang mana akan membantuk penyerapan vitamin tersebut oleh tubuh. Lemak baik juga mudah didapat karena terkandung pada susu, ikan, alpukat, maupun kacang-kacangan.

5. Karbohidrat
Karbohidrat merupakan sumber energi utama yang dibutuhkan tubuh. Tanpa karbohidrat, anak Anda akan lelah karena tidak memiliki cukup energi untuk digunakan. Anda dapat memberikan karbohidrat dalam bentuk kentang, singkong, beras, gandum, dan lain sebagainya.

Kemudian yang penting lagi, jangan sampai buah hati Anda kekurangan cairan. Sebisa mungkin, biasakan si kecil minum cukup air putih untuk menjaga metabolisme tubuhnya.