30 April 2024

Samsung tidak hanya handal di bidang handphone, tv, dan peralatan elektronik lainnya. Samsung juga handal di bidang kamera. Meskipun saat ini kamera mirrorless merajai pasar kamera di Indonesia, kamera Samsung jenis ES95 juga tak kalah banyak peminatnya.

Samsung ES95 termasuk dalam jenis kamera pocket dengan ukuran kamera, layar, dan bobot yang tidak terlalu besar sehingga tidak sulit ketika dibawa ke mana-mana. Kemampuan lensa kurang lebih 16,1 megapixel membuat gambar yang dihasilkan tajam.

Kemampuan optical zoom 5x dengan lensa f2.5, ISO 80 – 3200, dan resolusi gambar 4608 x 3456 pixels menjadi salah satu keunggulan kamera merek Samsung ES95 banyak diminati. Selain spesifikasi singkat yang telah disebutkan diatas, kamera ini di dukung oleh berbagai fitur seperti autofocus, led, flash, white balance, shutter speed, dan lain-lain.

Kamera ini juga telah dilengkapi dengan fitur image stabilization yang akan mengurangi efek blur pada hasil potretan.Tidak perlu khawatir mengenai hasil rekamannya, video yang didapat mempunyai format mp4 dengan resolusi Video HD 1280 x 720 hq @30fps.

Spesifikasi yang cukup mempuni dan fitur canggih bisa anda dapatkan dengan harga yang cukup terjangkau, kamera ini cocok bagi anda yang ingin mempelajari kamera DSLR dengan budget yang sedikit, sebelum mempelajari kamera DSLR, baiknya anda mempelajari beberapa pengaturan pada kamera pocket karena pengaturannya tidak sedikit berbeda dengan kamera DSLR nantinya.

Kamera ini juga cocok digunakan untuk outdoor atau sport. Kamera ini tidak dilengkapi waterproof sehingga penggunaan aksesori pelengkap lainnya dibutuhkan jika anda akan menggunakannya untuk olahraga renang.

Jika anda membeli kamera ini, box nya akan dilengkapi dengan kabel charger, kabel data, baterai dengan tipe LI Ion, dan panduan singkat penggunaan kamera. Jangan lupa untuk memastikan keaslian kameranya dengan melihat nomor seri pada box dan pengaturan di kamera nya sendiri. Mengenai aksesori lainnya, bisa anda dapatkan resmi di gerai Samsung di seluruh Indonesia.

Jika membutuhkan servis atau perawatan spareparts juga anda bisa mendatangi gerai resmi Samsung. Kamera ini Tersedia beragam warna, diantaranya warna hitam, abu, putih, merah, dan merah muda.

Namun, yang disayangkan dari kamera jenis ES95 ini adalah memori penyimpanannya yang sedikit. Batas memori microSD nya hanya sampai 8 GB, hal ini cukup membuat pengguna agak kesulitan dan membutuhkan persiapan lebih dari 1 miroSD jika akan melakukan pemotretan dengan jumlah yang cukup banyak.

Mengenai baterai, penggunaan sesering mungkin akan membuat kualitas baterai menjadi cepat habis, oleh karena itu sebaiknya anda menyiapkan baterai cadangan ketika menggunakan kamera dengan waktu yang lama. Jangan lupa selalu lakukan perawatan minimal membersihkan kameranya setiap satu bulan sekali agar tidak ditumbuhi jamur.