4 Februari 2023
Kapan G20 di Indonesia Diselenggarakan

Pasti Anda sudah banyak mendengar terkait KTT G20 yang akan dilaksanakan di Indonesia bukan? Konferensi Tingkat Tinggi dari G20 ini akan dilaksanakan pada tahun 2022 tepatnya di Bali. Nah, kapan G20 di Indonesia tersebut akan dilaksanakan serta siapa saja yang hadir dalam acaranya? Simak pembahasan selengkapnya mengenai informasi KTT G20 berikut ini.

Kapan G20 di Indonesia Diselenggarakan

Apa Itu G20?

Dari situs Kementerian Keuangan dan Bank Indonesia, didapatkan bahwa G20 atau Group of Twenty merupakan sebuah forum kerja sama ekonomi internasional. G20 beranggotakan negara-negara dengan perekonomian besar di dunia yang memiliki posisi strategis untuk menentukan masa depan pertumbuhan ekonomi dunia.

G20 terdiri dari 19 negara dan 1 lembaga Uni Eropa, di dalamnya merepresentasikan lebih dari 60% populasi bumi, 80% PDB dunia, dan 75% perdagangan global. Sejarah dari G20 ini dimulai pada tahun 1999 yang dibentuk karena kekecewaan komunitas internasional terhadap kegagalan G7 dalam mengatasi permasalahan perekonomian ekonomi global.

Awal mulanya, G20 merupakan ajang pertemuan para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral, kemudian membentuk organisasi ekonomi global. Hingga saat ini, pertemuan tersebut selalu dilakukan dan disebut dengan Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT. Pelaksanaan KTT G20 ini dilaksanakan pada periode tertentu, hingga kini akan menyelenggarakan KTT ke-17.

Jadwal Pelaksanaan KTT G20 Bali

Pada tahun ini, Indonesia akan menjadi tuan rumah diselenggarakannya KTT G20 ke-17. Lokasi tepatnya dari pelaksanaan KTT ini adalah di Pulau Bali, yang terkenal dengan banyaknya potensi wisata untuk mancanegara. Lantas, kapan G20 Indonesia 2020 ini dilaksanakan? Menurut jadwal resminya, agenda KTT G20 ini dilaksanakan pada tanggal 15-16 November 2022.

Tema dari presidensi G20 Indonesia 2022 ialah “Recover Together, Recover Stronger”. Dengan tujuan untuk mengajak seluruh dunia saling mendukung untuk pulih bersama serta tumbuh lebih kuat dan berkelanjutan. Puncak dari pertemuan KTT G20 adalah G20 Leaders’ Summit yakni rapat tingkat kepala pemerintahan atau negara. Hingga saat ini, pemerintah sedang mempersiapkan acara agar berjalan dengan lancar.

Itulah informasi lengkap mengenai kapan G20 di Indonesia yang dilaksanakan di Bali. Dengan adanya KTT tersebut, diharapkan Indonesia dapat mengambil peran yang lebih dalam perkembangan ekonomi global. Pelaksanaan KTT G20 yang ada di Bali tentunya akan membuat  Pulau Bali semakin dikenal oleh dunia, mulai dari budaya, tempat wisata, kain bali, dan lainnya.

Bali, dengan potensi wisata yang begitu banyak bisa diperkenalkan melalui berbagai cara, salah satunya melalui situs indonesia.travel dari Kemenparekraf. Anda bisa menemukan informasi dari berbagai destinasi wisata di Indonesia, salah satunya Bali. Yuk, ikut andil dalam mempromosikan berbagai destinasi wisata di Indonesia dengan mengakses situs indonesia.travel sekarang!