Kandungan pada Dexlite yang Sangat Bermanfaat untuk Mobil Bermesin Diesel

Mobil bermesin diesel sangat digandrungi oleh masyarakat. Hal ini karena bahan bakar mobil yang gunakan adalah solar, yang tergolong murah. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak inovasi yang dilakukan pada bahan bakar mobil diesel ini. Sehingga, banyak jenis bahan bakar mobil diesel, salah satunya adalah Dexlite.

Dexlite adalah bahan bakar mobil diesel yang dikeluarkan oleh Pertamina pada 15 April 2016. Dexlite diluncurkan untuk mengurangi penggunaan bbm subsidi, sehingga targetnya adalah masyarakat kecil dan menengah. Meskipun diperuntukkan golongan kecil dan menengah, Dexlite mempunyai kualitas yang lebih baik dari solar.

Kualitas yang baik dari Dexlite bisa dilihat dari dampak positif dari kandungan Dexlite. Berikut ini kandungan dan manfaat dari Dexlite.

3 Kandungan dan Manfaat yang Terdapat pada Dexlite

Warna hijau pada mesin pengisian bbm melambangkan Dexlite

1. Cetane

Cetane adalah kandungan yang terpenting pada Dexlite. Cetane adalah kandungan yang berfungsi sebagai indikator kecepatan pembakaran solar dan kompresi yang dibutuhkan untuk menyalakan. Cetane sendiri setara dengan oktan yang ada pada bensin. Kegunaannya pun sama yaitu untuk menunjukkan ignition quality atau kualitas pembakaran dalam ruang bakar.

Cetane yang terkandung dalam Dexlite bernilai 51 dan termasuk tinggi. Dengan tingginya nilai cetane menunjukkan bahwa Dexlite merupakan bahan bakar solar yang berkualitas. Hal ini karena semakin tinggi nilai cetane, semakin tinggi pula kualitas solar.

Cetane bernilai 51 memiliki sifat mudah terbakar, sehingga kecepatan terbakarnya bahan bakar membuat kinerja mesin baik, karena pembakaran yang efisien. Sehingga, kinerja mesinnya bisa berjalan lebih cepat, dan mesin lebih mudah dinyalakan. Pembakaran yang efisien juga membuat emisi gas yang dikeluarkan lebih rendah, membuat Dexlite menjadi bahan bakar ramah lingkungan.

2. Sulfur

Sulfur adalah senyawa yang terkandung di dalam Dexlite. Nilai maksimal sulfur pada Dexlite sekitar 1000 sampai 1200 ppm. Kandungan sulfur yang ada di Dexlite akan menghasilkan senyawa sulfur dioksida yang bisa membuat kualitas udara menjadi menurun.

Meskipun demikian, harus dilihat dulu seberapa tinggi nilai yang terkandung pada sulfur. Jika nilai sulfur yang terkandung lebih tinggi, maka sulfur dioksida akan memperburuk kualitas udara, yang akan menimbulkan polusi udara maupun pemanasan global. Namun, kandungan sulfur yang ada di Dexlite termasuk rendah, maka Dexlite termasuk bahan bakar ramah lingkungan.

Selain memengaruhi lingkungan, kandungan sulfur juga bisa memengaruhi mesin. Kandungan sulfur yang rendah pada Dexlite tidak akan membuat mesin mobil berkerak, dan tidak mengganggu suplai Dexlite yang dialirkan ke silinder. Jadi, kinerja mesin tidak mengalami penurunan, menjadi mesin tetap bertenaga, dan tidak mudah mengalami kerusakan.

3. Zat Aditif

Zat aditif di sini adalah cairan yang berguna untuk menaikkan angka cetane. Ini bisa dilihat dari peningkatan kinerja mesinnya, yang membuktikan bahwa angka cetane dalam Dexlite tinggi.

Selain itu, zat aditif bisa membersihkan dan merawat mesin. Hal ini karena zat aditif membantu memecah kotoran yang ada di bahan bakar, sehingga tempat penyimpanan bahan bakar dan mesin tidak berkerak. Oleh karena itu, mesin tetap terawat dengan baik.

Bagi kalian yang menggunakan mobil bermesin diesel, bahan bakar apa yang kalian gunakan? Jika kalian masih memakai yang bersubsidi, segera upgrade ke Dexlite, karena akan banyak manfaat yang didapat.