Harga dan Spesifikasi Ricoh WG-50 Black Digital Camera

Ricoh WG-50 Tangguh di Segala Medan

Akhir Juni 2017 yang lalu, kamera underwater seri WG terbaru andalan Ricoh yang khusus diperuntukkan untuk aktivitas outdoor resmi dirilis. Kamera yang diberi nama Ricoh WG-50 ini sengaja didesain bagi penggemar aktivitas ekstrem seperti diving, snorkeling atau surfing. Sebagai kamera outdoor, WG-50 didesain dengan balutan desain tangguh yang tahan banting, tahan suhu ekstrem dan anti air.

Ricoh WG-50 Tangguh di Segala Medan

Kamera saku ini diklaim mampu dibawa menyelam hingga kedalaman 15,24 meter selama 2 jam. Ricoh juga mengklaim bahwa kamera ini masih bisa beroperasi meski terjatuh dari ketinggian 1,6 meter, mampu bertahan dari tekanan hingga 100 kg atau berada di kondisi suhu ekstrem -10 derajat celsius. Jika dilihat dari spesifikasi teknologi yang diusungnya, WG-50 masih mengusung teknologi yang sama dengan versi sebelumnya yakni WG-4.

Ricoh WG-50 yang berbobot 193 gram ini dibekali dengan teknologi sensor kamera BSI-CMOS beresolusi 16 megapiksel. Teknologi ini memungkinkan kamera untuk merekam video berkualitas Full HD 1920 x 1080 piksel 30 fps. Penggunaan lensa wide 28 – 140 mm beraperture f/2.5-5.5 membuat kamera bisa melakukan zoom hingga 5x. Proses perekaman foto maupun video di dalam air yang notabene minim cahaya bukanlah suatu masalah bagi kamera ini.

Berkat hadirnya 6 buah lampu LED di sekeliling lensa serta rentang ISO maksimal mencapai ISO 6400 membuat fotografer bisa merekam foto dengan mudah di dalam air. Jika kehadiran lampu LED belum mencukupi untuk pengambilan foto di area yang gelap, fotografer bisa mengaktifkan lampu flash built-in yang memiliki jangkauan 5.50 meter di setingan Auto ISO. Demikian pula dengan penggunaan layar LCD berukuran 2,7 inci 230.000 dots, membuat fotografer bisa mengoreksi hasil tangkapan kamera dengan mudah.

Meski berukuran mungil, WG-50 memiliki kemampuan pengambilan foto beruntun yang cukup mengagumkan yakni 8.0 fps dengan kecepatan rana maksimum 1/4000 detik. Dengan kecepatan seperti ini, kamera bisa menangkap objek bergerak dengan cepat meskipun berada di dalam air. Uniknya lagi, kamera terbaru Ricoh ini dibekali dengan lebih dari 20 mode pengaturan pengambilan gambar. Jadi, fotografer bisa dengan mudah memilih mode pengambilan foto sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa mode pengambilan foto yang cukup sering dipilih diantaranya mode HDR, Landscape, Flower, Digital Microscope, High Speed Movie, Portrait, Underwater, Surf & Snow, Sport, Night Scene, Food, Kids, Pet dan masih banyak lagi. Semua pengaturan kamera ini bisa dilakukan dengan mudah dan cepat. Hal ini berkat penempatan tombol-tombol pengaturan di sisi kanan sehingga mudah dioperasikan hanya menggunakan ibu jari.

Beberapa fitur tambahan seperti port HDMI,USB 2.0 dan microphone stereo turut disertakan di dalam Ricoh WG-50. Sayangnya, kamera ini belum memiliki fitur GPS sehingga masih sedikit tertinggal dari kamera outdoor lainnya. Rencananya Ricoh akan melepas WG-50 dalam varian warna orange dan hitam dengan kisaran harga 279 dollar atau sekitar 3,8 jutaan. Harga yang tidak terlalu mahal untuk sebuah kamera segala medan yang tangguh dan canggih.