Buat Feed Instagram Lebih Menarik Hanya Dengan Kamera Smartphone

Instagram saat ini menjadi salah satu media sosial yang paling favorit. Di Instagram, kita bisa membagikan foto-foto kita ke followers. Agar bisa mendapat banyak followers diperlukan beberapa trik untuk mengatur feed supaya terlihat menarik dan enak dipandang.

Tidak perlu kamera mahal supaya foto terlihat bagus. Berikut adalah beberapa tips dan trik rekomendasi therantnation.com untuk mengambil foto yang Instagram-able hanya dengan kamera smartphone!

1. Background simpel dan gunakan cahaya matahari

Pilih latar belakang yang tidak terlalu mencolok supaya objek foto tampil stands out. Tapi backround foto saja kurang menghasilkan foto yang menarik jika tidak dibantu dengan pencahayaan. Foto dengan cahaya matahari siang hari bisa membuat hasil foto lebih maksimal.

Mengambil foto di area outdoor akan lebih mudah mendapat hasil foto dengan pencahayaan yang cukup terang. Jika ingin foto di dalam ruangan, pastikan ruangan tersebut memiliki pancaran sinar matahari yang banyak karena tiap kamera smartphone memiliki tingkat sensitivitas cahaya yang berbeda.

2. Pilih obyek yang menarik

Feed Instagram yang hanya berisi swadaya foto atau selfie akan terlihat membosankan, coba imbangkan dengan foto-foto yang lain seperti pemandangan ketika berlibur, foto makanan atau foto essentials barang-barang favorit dengan pengambilan gambar dari atas atau flat lay yang sekarang sering dijumpai di postingan di Instagram.

Biasanya objek flat lay adalah barang-barang yang ditata sedemikian rupa di atas permukaan yang datar. Foto flat lay sangat mudah dihasilkan dengan menggunakan kamera smartphone.

3. Perhatikan angle

Sudut pengambilan gambar menjadi salah satu faktor penting supaya menghasilkan foto yang menarik. Dalam teori fotografi maupun film sudut pengambilan gambar ada bermacam-macam, seperti low angle, high angle, close up, dan lainnya.

Meskipun kamera smartphone tidak memiliki fitur yang detail seperti kamera profesional, tapi kamera smartphone punya keunggulan lebih mudah mengambil sudut pengambilan gambar yang ekstrem karena lebih ringkas dibandingkan kamera profesional.

Selain itu, berat dan ukuran kamera smartphone yang lebih mudah dibawa memberikan kemudahan mengambil momen-momen yang tidak terduga.

4. Golden Hour

Jika ingin hasil foto yang cantik nan dramatis, coba mengambil gambar pada saat matahari akan terbit atau terbenam yang dengan cahaya keemasan, yang disebut dengan golden hour. Pancaran cahaya matahari golden hour tidak terlalu panas sehingga proses pengambilan foto akan lebih nyaman.

Namun perlu diingat, golden hour hanya ada dalam beberapa jam saja, berbeda dengan cahaya matahari ketika siang hari yang lebih lama. Cahaya matahari golden hour juga bisa dimanfaatkan untuk mengambil foto siluet meskipun menggunakan kamera smartphone hasilnya akan terlihat dramatis.

5. Manfaatkan fitur grid

Kamera smartphone memiliki fitur bantuan yang bernama grid. Grid adalah garis-garis bantu yang membagi layar kamera menjadi 9 bagian dengan besar yang sama. Terkadang hasil foto terlihat miring meski posisi kamera sudah tegak, namun bantuan grid akan memudahkan pengambilan foto yang lurus dan proporsional sehingga hasil foto bisa optimal dan bisa meminimalkan proses editing.

Jika layar kamera tidak menampilkan grid tenang dulu, coba cek bagian pengaturan kamera karena untuk beberapa smartphone fitur grid memang tidak diaktifkan pada pengaturan awal.

6. Gunakan aksesoris tambahan

Saat ini banyak sekali tersedia aksesoris pendukung untuk kamera smartphone yang mudah dibeli secara online maupun offline dengan kisaran harga yang beragam. Sebut saja lensa wide yang mampu melebarkan sudut pengambilan foto, monopod dan tripod yang berfungsi sebagai penopang smartphone supaya lebih stabil, hingga lampu untuk selfie yang sangat membantu pencahayaan ketika malam hari atau ruangan yang gelap.

Alat-alat tersebut sangat menunjang untuk menghasilkan foto yang bagus dan layak mendapat banyak likes di Instagram.

7. Sentuhan editing

Dengan keterbatasan fitur yang dimiliki kamera smartphone, proses editing memiliki peran penting supaya menghasilkan foto yang menarik. Saat ini banyak sekali pilihan aplikasi yang tersedia di Google Play Store atau di App Store untuk mengedit foto tanpa perlu membayar alias gratis seperti Snapseed, VSCO atau Camera 360.

Bahkan fitur edit di Instagram saja sudah cukup lengkap, seperti filter, mengatur kecerahan dan kontras, mengatur kemiringan foto, mengubah warna foto, dan lainnya. Ada pula aplikasi yang membutuhkan kreatifitas seperti Pixlr dan PicsArt.

Tidak perlu alat yang canggih dan modal yang besar untuk menghasilkan foto yang bagus, manfaatkan saja kamera smartphone yang dimiliki. Selain tips dan trik di atas, kunci lain supaya eksis mendapat banyak likes dan followers adalah dengan memanfaatkan hashtag atau tagar.

Hashtag atau tagar membuat foto mudah ditemukan orang lain sehingga kemungkinan mendapat likes dan followers lebih besar. Terus rajin mencari inspirasi dimana saja, bereksperimen dengan alat-alat yang ada, jangan berhenti berpikir kreatif atau out of the box dan terus mencoba karena tidak ada hasil yang mengkhianati usaha.

Anda mungkin juga suka...