24 Februari 2024

Di era kemajuan teknologi seperti saat ini, ada banyak aplikasi belajar akuntansi yang bisa Anda coba. Aplikasi ini sangat membantu untuk belajar akuntansi jauh lebih mudah.

Seperti kita ketahui, untuk belajar akuntansi dulunya hanya bisa dilakukan melalui teks book yang mungkin sangat membosankan bagi sebagian besar orang. Dengan adanya teknologi, aplikasi yang muncul dapat membantu dan menjadikan belajar tidak membosankan seperti sebelumnya.

Pada kali ini akan dibahas tentang beberapa rekomendasi aplikasi yang dapat diunduh secara gratis. Jadi, Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk belajar.

Rekomendasi Aplikasi Belajar Akuntansi

Seperti sudah dijelaskan di bagian sebelumnya, semua aplikasi yang diberikan di sini bisa diunduh secara gratis. Lalu, apa saja aplikasi tersebut?

1. Belajar Akuntansi Dasar

Sesuai dengan namanya, aplikasi ini memberikan beberapa materi dasar seputar akuntansi. Ada cukup banyak artikel yang bisa dibaca kapan saja hanya bermodalkan smartphone saja.

Selain itu, adanya fitur bookmark juga akan memudahkan Anda untuk menandai halaman ketika harus berhenti belajar di tengah materi. Untuk mendapatkannya, Anda bisa mengunduhnya melalui Google Play Store.

Ukuran aplikasinya juga hanya sekitar 7 MB saja sehingga tidak terlalu menjadi masalah untuk ruang penyimpanan ponsel. Aplikasi ini bisa berjalan lancar pada perangkat Android 4.0 ke atas.

2. Akuntansiku Lap Keuangan

Aplikasi belajar akuntansi ini sangat cocok untuk Anda yang ingin langsung praktik menghitung dan membuat laporan keuangan. Ada banyak hal yang bisa Anda coba buat seperti laporan keuangan, laporan jurnal umum, buku besar keuangan, neraca saldo, neraca keuangan, arus kas, utang piutang, dan masih banyak lagi.

Seluruh data hasil pengolahan akan disimpan di cloud sehingga privasi akan terjaga. Selain itu, aplikasi ini juga sangat mudah digunakan dengan user interface ramah untuk pengguna baru.

Beberapa fitur menarik dari Akuntansiku adalah unlimited transaksi keuangan, unlimited data kontak, dan tidak perlu melakukan backup secara manual. Jadi, Anda bisa benar-benar praktik dalam belajar dan mungkin akan tetap digunakan saat Anda terjun ke profesi ini ataupun menjadi pemilik bisnis.

Satu lagi hal yang cukup menarik dari aplikasi ini adalah bisa digunakan di berbagai perangkat seperti iOS, Android, dan browser. Dengan begitu, Anda dapat membuat laporan keuangan baik melalui ponsel maupun laptop.

3. Aksi: Asah Akuntansi

Berikutnya, Anda bias menggunakan aplikasi Aksi: Asah Akuntansi. Aplikasi ini sangat cocok untuk Anda yang masih belajar di tahap awal dan perlu memahami beberapa istilah dasar.

Aksi: Asah Akuntansi berisi berbagai soal beserta evaluasi pembelajaran terkait ilmu akuntansi. Aplikasi belajar akuntansi ini menyediakan banyak varian soal mulai dari pilihan ganda, benar salah, dan tes singkat.

Aplikasi yang sudah diunduh lebih dari 10.000 pengguna ini memiliki rating yang baik karena memang sangat membantu pemula dalam belajar akuntansi. Ukurannya juga hanya 13 MB saja sehingga cukup ringan dijalankan di ponsel spesifikasi rendah sekalipun.

4. Kamus Akuntansi Offline

Sesuai dengan namanya, Kamus Akuntansi Offline merupakan aplikasi yang memuat berbagai istilah dalam dunia akuntansi. Jadi, aplikasi ini sangat cocok dipakai oleh mahasiswa atau praktisi yang masih mulai belajar.

Selain bisa diunduh secara gratis melalui Google Play Store, Kamus Akuntansi Offline juga bisa dibuka secara offline. Dengan begitu, tidak akan menjadi masalah jika ponsel Anda kesulitan mencari sinyal atau paket data sedang habis dan tidak akan mengganggu proses belajar.

Selain keempat aplikasi belajar akuntansi di atas, sebenarnya masih ada banyak lagi yang bisa Anda gunakan. Anda juga dapat belajar ilmu ini secara lebih lengkap di GuruAkuntansi.co.id melalui berbagai artikel yang tersedia.