Trik Mengusir Tikus yang Ampuh untuk Segera Dilakukan

Mengusir tikus adalah kegiatan yang seringkali menguras tenaga seseorang. Selain menjadi salah satu hewan yang menjijikkan, tikus juga dianggap sulit untuk dibasmi. Padahal, mungkin saja ada cara-cara yang salah untuk dilakukan. Biasanya, sebagai langkah yang dianggap lebih cepat, banyak orang yang memakai perangkap atau racun tikus. Namun, rasanya cara ini tidak cukup baik karena kamu masih harus berurusan dengan bangkai tikus. Bila memakai perangkap, kamu bisa langsung menguburnya, tapi ketika kamu memakai racun tikus, bangkai tikus mungkin akan tidak terlihat dan yang keluar hanyalah aroma yang tidak sedap.

Rumah harus bebas dari lubang
Bila kamu ingin membasmi tikus yang ada di rumah, akan lebih baik bila kamu melihat dulu bagaimana kondisi rumah. Rumah yang memiliki banyak lubang memang rawan dimasuki tikus. Kamu harus menutup lubang-lubang itu agar tikus tidak bisa masuk lagi. Selain menutup lubang, kamu juga perlu memperhatikan ketika pintu sedang dibuka. Tikus bisa menyelinap ketika pintu rumah dibiarkan terbuka. Maka dari itu, penting bagi kamu untuk memastikan pintu tidak dibiarkan terbuka sehingga tikus tidak bisa masuk.

Kucing dan anjing
Kucing dan anjing adalah jenis hewan peliharaan yang bisa membantu kamu untuk mengurangi jumlah tikus yang ada di rumah. Kedua hewan tersebut bisa memburu dan memangsa tikus-tikus. Selain memburu dan memangsa, tikus juga bisa dipakai untuk menakut-nakuti tikus. Tikus tidak senang dengan aroma kotoran dan kaki yang ditinggalkan oleh kucing dan anjing. Aroma tersebut membuat tikus merasa perlu melarikan diri dan mencari tempat baru sehingga bisa meninggalkan rumahmu.

Bak sampah
Tikus menjadi salah satu hewan yang menjijikkan karena sering mencari makan di tempat sampah. Untuk mengurangi keberadaan mereka, kamu harus mengurus tempat sampah dengan benar. Pastikan untuk tidak menumpuk sampah di dalam rumah. kamu harus rajin membuang sampah agar tidak menjadi sarang tempat mencari makan tikus-tikus di rumah. selain itu, jaga kebersihan di tempat sampah. Kamu bisa memakai berbagai jenis cairan sehingga bau sampah tidak tertinggal. Dengan melakukan ini, tikus menjadi enggan untuk mencari makan di tempat sampah yang ada di dalam rumah.

Simpan makanan di tempat yang aman
Selain mencari makanan di tempat sampah, tikus juga biasa mencuri makanan yang dibiarkan tergeletak di dalam rumah. Bila sudah demikian, tentu saja makanan tersebut menjadi tidak sehat untuk dikonsumsi. Kamu harus menyimpan sisa makanan yang masih akan digunakan di dalam wadah yang aman. Kamu bisa mencari wadah dengan penutup agar makanan tersebut bisa terjaga dari tikus yang mungkin datang.

Aroma yang dibenci tikus
Selain aroma anjing dan kucing, tikus juga tidak menyukai beberapa jenis bahan alami yang memiliki aroma menyengat. Mengkudu, durian, dan mint adalah aroma-aroma yang tidak disukai tikus. Kamu bisa menyebar beberapa bahan tersebut di lintasan yang sering dilewati tikus. Bila buah-buahan sudah mulai mengering dan tidak mengeluarkan aroma lagi, kamu bisa menggantinya dengan yang baru. Selain aroma yang telah disebutkan, kamu juga bisa memakai kapur barus. Remukkan kapur barus menjadi beberapa bagian kemudian sebar di daerah yang biasanya dilewati oleh tikus.

Itulah beberapa cara yang bisa kamu pakai untuk membasmi tikus-tikus yang mengganggu. Bila jumlah tikus masih terlalu banyak, kamu bisa memakai jasa pembasmi tikus profesional agar jumlahnya bisa berkurang.

Tinggalkan Balasan