Bisnis dan Risiko di Tahun Politik

Setiap 5 tahun sekali, Indonesia menggelar agenda politik berupa Pemilu (Pemilihan Umum). Agenda ini tidak hanya berpengaruh bagi dunia politik saja, namun juga berpengaruh terhadap dunia bisnis dan investasi. Menurut Kepala Staf Kepresidenan, Moeldoko, ada kekhawatiran terhadap stabilitas sosial dan keamanan pada tahun politik yang bisa mengganggu laju bisnis dan investasi. Lalu, bagaimana perusahaan Anda perlu menyikapi risiko di tahun politik?
Bisnis Dan Risiko Di Tahun Politik
Pengaruh politik terhadap bisnis
Politik punya pengaruh yang cukup besar terhadap bisnis yang dijalankan perusahaan. Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, mengatakan bahwa risiko Pemilu merupakan salah satu risiko yang perlu diwaspadai oleh para pelaku usaha dan investasi. Sebab, menurutnya gelaran Pemilu dapat menahan laju investasi di tahun 2019 ini. Padahal, investasi sangat diandalkan untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi Indonesia. Secara tidak langsung, dapat dikatakan bahwa politik dapat berpengaruh terhadap bisnis yang dijalankan perusahaan.

Risiko yang mungkin hadir
Adanya pengaruh dunia politik terhadap dunia bisnis dan investasi perlu disikapi dengan baik oleh para pengusaha. Lalu, apa saja risiko yang mungkin hadir pada tahun politik?

Menurut Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, selain risiko Pemilu, ada tiga risiko lainnya yang perlu diwaspadai oleh para pelaku usaha yakni preferensi konsumsi, normalisasi kebijakan moneter dan kebijakan perdagangan.

Selain itu, mantan Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo juga mengatakan bahwa risiko yang perlu diwaspadai pada tahun politik saat ini adalah arus keluar modal asing yang diiringi oleh naiknya bunga dana Amerika Serikat yang semula 0,25% menjadi 1,5%. Berdasarkan laporan the Evolving Risk Concerns in Asia-Pacific ke-3 tahun 2018 yang dirilis oleh Marsh & McLennan Companies’ Asia Pacific Risk Center (APRC) , Indonesia juga tergolong negara yang memiliki risiko politik tinggi dengan angka Short Term Political Index (STPRI) sebesar 72,9. Sehingga, para pelaku usaha perlu bersiap dalam menyikapi potensi risiko yang mungkin hadir di tahun politik ini.

Meminimalisir risiko
Potensi risiko yang mungkin hadir di tahun politik perlu dimitigasi oleh setiap perusahaan. Untuk memudahkan proses mitigasi, diperlukan proses analisa risiko yang tepat. Selain itu, perusahaan juga membutuhkan asuransi sebagai salah satu cara untuk melindungi bisnis perusahaan terhadap risiko kerugian finansial.

Untuk mendapatkan paket asuransi yang sesuai kebutuhan, perusahaan dapat menggunakan jasa broker asuransi profesional. Marsh Indonesia merupakan salah satu perusahaan broker asuransi profesional dan terkemuka yang siap membantu Anda dalam memberikan solusi dengan dasar alasan dan pandangan yang dalam terhadap risiko untuk menghadapi tahun politik di Indonesia. Sebab, Marsh dapat membantu mulai dari proses identifikasi risiko, mitigasi risiko sampai pemilihan paket asuransi yang sesuai kebutuhan perusahaan Anda. Sehingga, perusahaan dapat lebih tenang dalam menjalani bisnis di tahun politik ini karena telah terlindungi secara finansial oleh paket asuransi yang tepat.

Tinggalkan Balasan