Uji Penyimpanan Beban

Generator atau genset menghasilkan sumber daya listrik dapat digunakan untuk menghidupkan berbagai perangkat listrik. Genset sangat dibutuhkan ketika terjadi pemadaman listrik dan tempat terpencil yang tidak tersentuh aliran listrik. Akan tetapi semua genset memerlukan pemeliharaan agar kinerjanya tidak menurun.

Anda harus mengontrol setiap bagian dalam genset dan mengecek bahan bakar untuk meminimalisir kerusakan dimasa depan. Sebelum menginstal dan menghidupkan genset harus dilakukan uji penyimpanan beban atau load bank. Idealnya uji penyimpanan beban dilakukan satu tahun sekali. Disamping itu uji penyimpanan beban dapat menunjukkan batas penyimpanan daya.

Sebagai Testing Generator

Uji beban penyimpanan pada generator adalah tindakan penilaian dan pemeriksaan menggunakan media khusus. Media atau perangkat tersebut dapat berupa wadah yang berisi air campuran garam. Tujuan testing generator agar memastikan komponen yang ada dalam genset berada di posisi yang tepat.

Sebab beban kejutan yang terjadi ketika generator dihidupkan dapat menggeser komponen. Peralatan pada perangkat uji beban penyimpanan ini dapat mengeluarkan beban buatan. Selain itu, anda juga dapat menstabilkan sistem operasi serta tingkat tekanan. Sehingga ketika aliran listrik disalurkan dari genset ke alat listrik lain bekerja lebih aman.

Biasanya uji penyimpanan beban dilakukan pada generator dengan tingkat efektifitas tidak lebih dari 30%. Dengan waktu kerja generator lebih dari 14.000 jam. Generator yang telah diuji tersebut lebih ringan saat digunakan terutama pada situasi mendadak.

Intinya, pengujian beban penyimpanan ini terpusat pada pengujian tekanan aliran listrik yang dihasilkan dalam kW secara optimal. Output listrik yang dihasilkan oleh generator ini dapat mengalir dengan baik dan tidak terjadi konsleting.

Pengoperasian Testing

Load bank Sewatama dapat dioperasikan dengan mudah dan memiliki tingkat keamanan tinggi. Testing awal yang dilakukan berupa transfer beban buatan ke dalam generator. Akan tetapi perlu waktu dan beberapa tahapan yang dilewati agar beban kW dapat meningkat.

Saat anda melakukan pengoperasian testing generator ada baiknya mencatat kendala atau kerusakan. Misalnya kemampuan generator dalam menangani dorongan. Peralatan wajib yang dibutuhkan agar pengoperasian testing uji beban penyimpanan ini adalah kabel. Pilihlah mesin penguji yang tingkat kW, ukuran, dan baterainya stabil.

Tinggalkan Balasan