Tips Membeli Kamera DSLR Bekas agar Tidak Salah Pilih

Tips Membeli Kamera DSLR Bekas – Kamera memang sudah tidak dapat terlepas dari kehidupan saat ini. Tentu merupakan suatu keinginan besar bagi setiap manusia untuk mengabadikan momen-momen mereka. Namun, untuk mendapatkan kamera dengan kualitas mumpuni pun dibutuhkan budget yang tidak sedikit.

Tidak heran kamera second atau bekas masih banyak diminati oleh masyarakat. Walaupun kamera bekas, tentu bagi anda yang ingin membeli kamera second hand tetap ingin mendapatkan kamera dengan kualitas baik dan tidak ada cacat yang berlebihan.

Cara & Tips Membeli Kamera DSLR Bekas

Cara & Tips Membeli Kamera Dslr Bekas
Memilih kamera bekas tentu tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan. Apabila Anda kurang profesional dalam hal kamera, mungkin anda bisa meminta bantuan kepada teman-teman anda yang lebih ahli. Apabila anda masih ragu dan ingin memastikan sendiri.

Berikut akan kami ulas mengenai tips membeli kamera DSLR bekas agar anda yakin dengan pilihan kamera yang anda inginkan:

1. Pastikan Kamera DSLR yang Diinginkan

Periksa Kelayakan Fungsi
Pertama lakukanlah pencarian mengenai kamera yang anda inginkan. Jenis dan spesifikasi apa yang ingin dimiliki dalam kamera anda. Apabila belum terlalu profesional dalam dunia fotografi, mungkin anda bisa memilih kamera DSLR bekas untuk pemula.

Pastikan pula harga kamera DSLR tersebut sesuai budget yang telah anda tentukan. Apabila sudah menemukan kamera yang sesuai keinginan anda, usahakan pembayaran dilakukan secara COD sehingga dapat dilakukan pengecekan secara lanjut calon kamera milik anda.

2. Lakukan Pengecekan Fisik Luar Kamera

Lakukan Pengecekan Fisik
Kamera bekas kemungkinan besar memiliki cacat pada fisiknya. Namun anda bisa meminimalisir dengan melakukan pengecekan terlebih dahulu. Hal-hal yang perlu anda cek misalnya pada karet grip, tombol, dan karet USB. Pada karet grip, pastikan karet tersebut masih kasar atau doff yang menandakan bahwa kamera tersebut tidak sering digunakan.

Baca :  Daftar Harga Flash Kamera Semua Merk Terbaru

Lakukan pengecekan tombol secara keseluruhan, untuk meminimalisir kemungkinan tombol sudah tidak berfungsi. Pada karet USB pastikan kamera DSLR bekas yang anda inginkan belum hilang penutupnya, sehingga bagian dalam pun masih terhindar dari debu.

3. Pastikan Kelengkapan Kamera DSLR

Pastikan Kamera Dslr
Tentu apabila anda memilih kamera dengan kelengkapan yang masih layak, kemungkinan kamera tersebut juga masih dalam kondisi yang baik. Misalnya apakah box kamera dan strap kamera masih disediakan oleh penjual kamera DSLR bekas tersebut.

Akan lebih baik lagi apabila kamera masih memiliki garansi resmi. Apabila masih terdapat garansi resmi, kemungkinan kamera tersebut kondisinya masih bagus.

4. Periksa Kelayakan Fungsi Kamera

Pastikan Kelengkapan
Inilah hal yang paling penting untuk anda lakukan apabila ingin membeli kamera DSLR bekas. Tentu meskipun bekas, kamera yang anda miliki seharusnya masih berfungsi dengan baik.

Beberapa tips membeli kamera DSLR bekas dengan memastikan fungsi kamera tersebut adalah melakukan pengecekan pada shutter count, dead pixel dan hot pixel, mounting lensa, hotshoe, titik fokus, sensor, baterai, memori kamera, serta konektor.

Shutter count sendiri menunjukkan seberapa banyak shutter telah ditekan. Dengan mengetahui shutter count kamera bekas yang ingin dibeli, maka dapat mengetahui apakah kamera tersebut masih baik ataukah tidak.

Kamera dengan jumlah shutter count yang sudah banyak menunjukkan kamera tersebut fungsinya sudah tidak maksimal bahkan rusak. Beberapa kamera dapat mencapai 100 atau 200 ribu foto dan tidak mengalami kerusakan.

Dead Pixel sendiri dapat diketahui dengan cara menutup lensa dengan kertas atau tangan, lalu kamera DSLR tersebut set ke dalam manual focus. Apabila terdapat warna selain hitam, kemungkinan besar kamera tersebut terdapat dead pixel yang ada di LCD.

Sedangkan untuk mengetahui hot pixel, lakukan dengan cara yang sama. Apabila terdapat titik merah dan akan ikut bergeser apabila foto yang dihasilkan digeser, kemungkinan merupakan hot pixel yang terjadi di sensornya.

Baca :  Daftar Harga Flash Kamera Semua Merk Terbaru

Mounting lensa sendiri biasanya disebut dengan bantalan lensa. Bantalan lensa inilah yang memungkinkan kamera dapat dipasangi dengan jenis lensa yang berbeda. Apabila kamera bekas yang ingin anda beli dapat diganti lensanya, maka tips membeli kamera DSLR bekas yang anda harus lakukan adalah memastikan apakah mounting lensa tersebut dalam keadaan baik.

Selanjutnya adalah bagian kamera yang disebut hotshoe. Hotshoe adalah bagian dari kamera yang berfungsi untuk menempatkan flash. Untuk memastikan kelayakan fungsi hotshoe pada kamera DSLR bekas yang anda miliki, maka dapat diperiksa dengan aksesoris fotografi misalnya saja flash external. Flash external sendiri biasanya disebut lampu kilat atau blitz yang kegunaannya tidak dapat dipisahkan dari kamera.

Apabila kita menggunakan auto focus, maka apabila shutter ditekan sedikit, maka akan muncul titik titik fokus pada lensa kamera. Apabila titik fokus tidak muncul, kemungkinan auto fokus kamera tersebut telah mati. Cara untuk memastikan apakah auto focus tersebut masih berfungsi baik misal dengan menggerakkan kamera dan memastikan apakah titik fokus tersebut masih berfungsi dengan baik apa tidak.

Tips membeli kamera DSLR bekas adalah dengan memeriksa fungsi sensor pada kamera. Yaitu misalnya dengan mengambil foto pada objek yang berwarna putih polos. Kemudian pastikan apakah foto yang dihasilkan bersih atau tidak. Apabila memang terdapat misal bintik hitam, maka bisa jadi sensor kamera tersebut sudah berdebu atau bahkan berjamur.

Apabila sudah demikian, disarankan sebaiknya meminta penjual untuk membawanya ke tempat servis terlebih dahulu, atau bisa juga langsung membatalkan transaksi pembelian saja.

Baterai kamera tentunya adalah bagian yang krusial pada kamera. Pastikan bahwa kamera memiliki baterai yang masih berfungsi baik ataukah sudah drop. Lalu pastikan pula bahwa slot baterai kamera yang ada di bagian samping masih normal tanpa adanya bengkok atau kotoran. Jangan lupa untuk menanyakan kepada penjual apakah baterai kamera tersebut masih asli atau sudah diganti dengan yang palsu.

Baca :  Daftar Harga Flash Kamera Semua Merk Terbaru

Cara untuk mengecek fungsi memori adalah pertama kosongkan keseluruhan memori kamera. Kemudian ambil beberapa foto dan pastikan anda mengingat jumlah foto yang anda ambil, misal sepuluh foto. Pindahkan semua foto ke dalam laptop dan periksa apakah jumlah foto sama dengan foto yang sudah diambil.

Apabila tidak atau beberapa foto tidak dapat dibuka dalam laptop, kemungkinan memori kamera tersebut sudah mengalamo kerusakan. Jangan lupa untuk memeriksa slot untuk kartu memori. Jangan sampai slot tersebut terdapat kerusakan misalnya bengkok atau penuh dengan kotoran.

Konektor atau port penghubung kamera ke komputer atau laptop harus dipastikan pula fungsinya. Karena apabila konektor ini rusak dan tanpa kartu memori apalah fungsi dari kamera yang ingin anda miliki. Tentu semua foto yang sudah di ambil tidak bisa di pindahkan ke komputermu. Oleh sebab itu jangan lupa untuk memastikan apakah konektoe kamera tersebut berfungsi dengan baik atau tidak.

Itulah beberapa tips membeli kamera DSLR bekas. Walaupun bekas, tentu barang yang anda terima harus tetap memiliki kualitas yang mumpuni. Pastikan bahwa kamera yang anda beli sesuai dengan yang anda inginkan, baik dari segi kualitas maupun budgetnya.

Jangan sampai anda menyesal dengan pilihan kamera bekas anda karena malas untuk melakukan pengecekan kelayakan terlebih dahulu. Semoga bermanfaat ya artikel diatas, jangan lupa untuk melihat artikel lainnya :
Harga Kamera Canon EOS 300D
Harga Kamera Canon IXUS 285 HS
Harga Kamera Canon EOS 30D

Tips Membeli Kamera DSLR Bekas agar Tidak Salah Pilih | admin | 4.5