Samsung Galaxy M20, Smartphone Spesifikasi ‘Atas’ dengan Harga Kelas Menengah

Samsung resmi memboyong smartphone seri Galaxy M20 ke Indonesia pada awal Februari 2019. Smartphone ini merupakan salah satu model perdana dari lini ponsel teranyar Galaxy M yang sengaja dibuat untuk kalangan pasar kelas menengah. Samsung kini ikut bermain di kelas smartphone terjangkau dengan spesifikasi yang bisa diandalkan.

Galaxy M20 ini sudah ditunggu-tunggu banyak orang, informasi menarik tentang smartphone yang satu ini sudah banyak beredar sebelumnya, karena itu smartphone ini diburu banyak pecinta smartphone. Nama besar Samsung, layar lega dan baterai tahan lama menjadi godaan bagi pecinta gadget kelas menengah.
Samsung Galaxy M20
Tidak seperti smartphone Samsung kelas atas seperti halnya Galaxy S9, kotak penjualan Galaxy M20 ini sangat tipis dan minimalis, tapi hal ini sangat dimengerti mengingat Galaxy M20 merupakan smartphone yang ditujukan agar terjangkau oleh kalangan menengah. Apalagi bentuk kardus suatu ponsel biasanya Anda lupakan juga. Tetapi bagi Anda yang ingin ‘mengintip’ isi kardus Samsung Galaxy M20, berikut adalah hal yang bisa Anda temukan dalam kardus Samsung Galaxy M20:
1. Galaxy M20 dibungkus plastic dengan rapi
2. Ada kabel data USB Type-C
3. Ada Charger Fast Charging 15 Watt
4. Terdapat SIM ejector
5. Sebuah Earphone
6. Dan buku petunjuk manual

Bagi Anda yang mengharapkan mendapatkan screen protector atau case dalam kardusnya, jangan berharap banyak, karena Anda tidak akan menemukan kedua benda tersebut dalam kardus Galaxy M20.

Di Indonesia, Samsung memasang smartphone seri Galaxy M20 ini dengan harga sangat terjangkau, yaitu hanya Rp 2.799.000. Desain smartphone ini menggunakan layar ‘Infinity-V’ dengan diagonal 6,3 inci, resolusi 2.340 x 1.080 piksel (aspect ratio 19,5:9), yang dilengkapi notch atau bisa disebut poni kecil di bagian atasnya.

Galaxy M20 kemudian dikenal sebagai smartphone pertama Samsung di Indonesia yang memiliki poni model ‘waterdrop’. Model seperti ini dilengkapi kamera selfie dengan resolusi 8 megapiksel. Bagian yang istimewa ada di bagian belakangnya, smartphone ini dilengkapi pemindai sidik jari.

Ada pula kamera ganda dengan kamera pertama sebesar 13 megapiksel (f/1.9), dan kamera keduanya 5 megapiksel (f/2.2) yang memiliki perspektif ultra wide dengan lebar 120 derajat.

Mengenai spesifikasi, smartphone ini dibekali dengan chip Exynos 7904, RAM 3 GB, dengan media penyimpanan 32 GB. Sistem operasi perangkatnya Android 8.1 Oreo yang dilengkapi antarmuka, Samsung Experience 9.5.

Berbeda dengan di India, untuk pasaran di Indonesia Samsung hanya memasarkan varian Galaxy M20 3 GB dan 32 GB. Jadi tidak ada versi 4 GB maupun 64 GB seperti di India. Sedangkan, bagian yang menjadi fitur unggulannya adalah baterai jumbo berkapasitas 5.000 mAh yang diklaim bisa menghasilkan video playback selama 17 jam.

Samsung seri Galaxy M20 ini juga mendukung fast charging dengan waktu pengisian baterai dari kondisi kosong hingga penuh membutuhkan waktu sekitar 145 menit. Di Indonesia, smartphone ini hadir dengan memberikan dua pilihan warna, yaitu Ocean Blue dan Charcoal Black. Smartphone ini bisa dibeli di beberap e-commerce ternama di Indonesia. Anda hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp. 2.800.000 untuk mendapatkan smartphone yang satu ini.

Lalu, apa saja yang akan didapatkan oleh pembeli smartphone ini? Berikut adalah spesifikasi lengkapnya seperti dilansir dari harapanrakyat.com:

Ukuran layar PLS TFT 6,3 inci, 1.080 x 2.340 piksel, aspect ratio 19,5:9. Dengan dimensi fisik 156,4 x 74,5 x 8,8 mm, mempunyai bobot 186 gram, prosesor CPU; Exynos 7904, Octa-core 1,8 GHz, GPU; Mali-G71 MP2 RAM 3 GB dan media penyimpanan sebesar 32 GB, serta microSD slot (dedicated) hingga 512 GB.

Adapun kamera belakang satu 13 megapiksel bukaan f/1.9, PDAF kamera belakang kedua 5 megapiksel bukaan f/2.2, dilengkapi dengan ultra-wide sensor. Sementara kamera depan 8 megapiksel bukaan f/2.0, dengan kapasitas baterai sebesar 5.000 mAh.

Bukan hanya itu, fast charging 15W, konektor USB type-C, 3,5mm audio jack GPS Ya, A-GPS, GLONASS, dual-SIM (nano), konektivitas wireless 4G, Wi-Fi 802.11, Wi-Fi Direct, bluetooth 5.0, hotspot biometrik fingerprint scanner pada bagian belakang dan face unlock, sistem operasi Android Oreo 8.1, Samsung Experience 9.5, dengan pilihan warna ocean blue, serta charcoal black. Harganya Rp 2,8 juta.

Dengan spesifikasi tersebut, Samsung Galaxy M20 bukannya tanpa kekurangan, sebagai suatu produk yang dipasarkan untuk kelas menengah, seri ini memiliki kelebihan maupun kekurangan. Kelebihannya adalah desainnya cukup bagus dengan layar sangat lega, tajam didukung dengan warna yang cerah.Selain itu, kualitas kamera dan kinerja yang juga unggul di kelasnya, ditambah baterai sangat irit, begitupun ketika isi ulang, smartphone ini baterainya cepat terisi. Dengan kelebihan tersebut, Samsung Galaxy M20 juga memiliki harga jual tinggi dan memiliki pasar luas.

Adapun kekurangan smartphone Samsung Galaxy M20 ini adalah mode pro (manual) dari kameranya sangat terbatas dan tidak didukung oleh setting Speed. Selain itu, tidak tersedia case siap pakai. Akses ke setting audio juga kurang praktis. Tidak terdapat fitur wake up screen, selain itu walaupun sudah didukung oleh fingerprint, tetapi posisinya terlalu atas sehingga tidak praktis ketika akan digunakan.

Harga yang relatif murah dengan spesifikasi yang bagus membuat smartphone ini layak untuk dimiliki. Jadi siapkan budget keuangan Anda untuk membeli smartphone yang satu ini dan nikmati petualangan bersama smartphone dengan spesifikasi bagus tetapi dengan harga kelas menengah. ***

Samsung Galaxy M20, Smartphone Spesifikasi ‘Atas’ dengan Harga Kelas Menengah | admin | 4.5