Mengulik Perbedaan, Persamaan HP & Smartphone yang Selama Ini Kita Pakai

Tidak jarang orang menyebut ponsel biasa dengan ponsel pintar(smartphone) sebagai handphone, karena pada dasarnya keduanya adalah benda yang serupa. Keduanya sama-sama diperuntukan sebagai alat bantu komunikasi dengan cara bertelephon dan berkirim pesan singkat(SMS). Akan tetapi, hp & smartphone memang tampak cukup berbeda dari segi teknologi. Hp biasanya mengarah pada perangkat komunikasi untuk menelphon saja, sedangkan smartphone lebih kepada perangkat yang bisa untuk menelphon sekaligus menjadi personal digital assistant alias PDA.
Perbedaan Mendasar Antara Handphone Biasa Dengan Smartphone

Sejarah Terciptanya Smartphone

Pada awalnya, perusahaan ponsel menciptakan perangkat yang bisa digunakan untuk menelphon tanpa sambungan kabel. Kemudian, selain untuk menelphon, ponsel juga dapat digunakan sebagai media berkirim SMS. Pada ponsel model baru, bahkan dapat digunakan untuk memotret, memutar lagu, dan browsing internet meskipun dengan kualitas yang seadanya.

Berbeda dengan ponsel, dulu juga terdapat PDA atau personal digital assistant yang memiliki kemampuan seperti komputer. PDA dapat dipakai untuk membuka dan mengedit dokumen yang biasanya dilakukan oleh komputer. Selain itu, PDA juga biasa digunakan untuk mengirim e-mail dengan lebih cepat dan baik, dapat pula disinkronkan ke dalam komputer.

Pada akhirnya, kemampuan PDA ini dimasukkan ke dalam ponsel generasi terdahulu dan jadilah smartphone alias ponsel pintar. Akan tetapi seiring perkembangan zaman, baik itu PDA maupun smartphone mengalami kemajuan dalam hal teknologi, sehingga keduanya dapat digunakan sebagai telephon maupun bekerja seperti komputer.

Perbedaan Mendasar antara Handphone Biasa dengan Smartphone

Dari uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa smartphone lebih unggul dari sekadar handphone biasa. Namun, jika dilihat secara jelas, beberapa yang membedakan adalah karena hal-hal berikut ini;

Smartphone dilengkapi dengan sistem operasi, seperti iOS, Android, BlackBerry, Windows Phone dan lain sebagainya. Berkat sistem operasi inilah smartphone dapat mengoperasikan aplikasi-aplikasi tertentu yang support dengan OS tersebut.

Berkat adanya aplikasi, kemampuan smartphone tampak setara dengan sebuah komputer. Sebab, aplikasi yang dijalankan bermacam-macam jenisnya, mulai dari beragam gim, aplikasi office, menampung berbagai browser dengan kemampuan setara komputer, dan lain sebagainya. Terlebih, smartphone sekarang dilengkapi dengan jaringan 3G hingga 4G, sehingga proses untuk browsing, chatting, dan lain sebagainya jadi lebih cepat.

Smartphone juga dilengkapi dengan keyboard qwerty, ada yang masih menggunakan keyboard fisik atau pun layar sentuh. Kemudian, berkat kemampuannya berkirim e-mail, smartphone dapat digunakan untuk mengirim berbagai file, mulai dari berbagai file gambar, video, dokumen dan lain sebagainya.

Meskipun begitu, baik hp maupun smartphone pada era ini, disebut sebagai hp(handphone). Masyarakat akan mengarahkan Anda untuk melihat smartphone ketika Anda bertanya atau mencari tahu tentang handphone terbaru, ponsel terbaru, dan sejenisnya. Hp generasi terdahulu pun masih beredar di pasaran, tetapi Anda harus mendeskripsikan produk lebih spesifik jika mencari hp yang bukan smartphone.

Tinggalkan Balasan