Kalau Kamu Sayang Kesehatan, Lebih Baik Tidak Bermain Handphone di Saat-Saat Tertentu

Handphone adalah salah satu alat elektronik yang tidak dipisahkan dengan manusia. hampir semua kegiatan yang dilakukan bisa dikerjakan melalui handphone. Karena fungsi dan kegunaannya yang sangat beragam, banyak orang yang tidak bisa hidup tanpa menggunakan handphone. Mulai dari membuka mata di pagi hari setelah bangun tidur, hingga malam hari ketika akan istirahat, seseorang selalu menggunakan handphonenya. Namun, ada beberapa alasan mengapa handphone tidak baik bila digunakan terlalu sering.

Menggunakan handphone dengan bantuan cahaya yang sewajarnya
Menurut penelitian, banyak orang yang memakai handphone dengan pencahayaan yang tidak begitu baik atau bisa dikatakan gelap. Padahal, dengan menggunakan handphone di cahaya yang gelap akan membuat mata bekerja lebih keras daripada biasanya. Bila diteruskan hal ini tentu saja akan sangat membahayakan kesehatan matamu. Lebih baik, gunakan handphone dengan cahaya yang wajar, ya.

Jangan lagi membawa handphone ke kamar mandi
Seperti yang telah dikatakan, hampir semua kegiatan yang dilakukan manusia dilakukan dengan memakai handphone. Termasuk menggunakannya di kamar mandi. Padahal, kamar mandi adalah tempat yang cukup banyak memiliki kuman. Begitu pula dengan handphone. Handphone adalah tempat yang cukup banyak dihinggapi kuman. Bila handphone kamu bawa ke kamar mandi, besar kemungkinan kuman akan berpindah ke handphone. Handphone yang kamu gunakan tentu saja akan membawa kuman kemana pun kamu pergi.

Fokus dengan apa yang sedang dikerjakan, jangan melulu bermain handphone
Ada banyak orang yang masih menggunakan handphone ketika berjalan. Padahal hal ini sungguh tidak disarankan. Ada banyak sekali kemungkinan buruk yang terjadi bila kamu memakai handphone ketika berjalan. Kamu menjadi tidak fokus melakukan berbagai macam hal sesuai dengan caranya.

Selain dilakukan sembari berjalan, menggunakan handphone juga dilarang ketika mengemudi kendaraan
Mengemudi sebuah kendaraan membutuhkan konsentrasi yang tinggi. Hal itu menyebabkan selama mengemudi, kita dilarang untuk menggunakan alat apapun yang bisa mendistraksi konsentrasi yang dimiliki. Bila kamu sedang berkendara, pastikan kamu tidak menggunakan handphone ya. Bila memang terpaksa harus menggunakan handphone untuk keperluan tertentu, sebaiknya kamu menepi terlebih dahulu hingga selanjutnya meneruskan perjalanan. Menggunakan handphone ketika berkendara sebenarnya juga dilarang dalam peraturan, lho. Namun, karena kurangnya kesadaran tertib lalu lintas yang dimiliki, masih banyak masyarakat yang melanggar aturan tersebut.

Itulah beberapa situasi yang harus dihindari dari menggunakan handphone. Handphone memang alat yang tepat untuk menambah informasi dan memberi keuntungan lain bagi penggunanya. Namun, bila tidak digunakan di waktu yang tepat, hal ini justru akan membahayakan penggunanya. Akan lebih baik memakai handphone sesuai dengan porsi yang sesuai dengan situasi dan kondisi yang dimiliki diri. Jangan sampai membahayakan kesehatan hanya untuk kesenangan sesaat.

Tinggalkan Balasan