Jenis Bisnis Online yang Cocok Untuk Pemula

Memulai suatu usaha bisnis tentu bukanlah hal yang mudah dilakukan terutama bagi para pemula dengan pengetahuan bisnis yang minim. Terlebih ada banyak jenis bisnis yang tersedia sehingga hal ini justru akan membuat calon pebisnis baru kebingungan untuk memilih jenis bisnis apakah yang akan dijalankan. Para pemula harus menentukan apakah bisnis tersebut bersifat online ataukah tidak.
Membuat Blog Dengan Iklan
Jenis-jenis Bisnis Online
Bila anda menentukan bisnis online maka ada beberapa hal yang patut anda miliki yaitu keseriusan dalam bekerja, pantang untuk menyerah, bersedia mengambil risiko serta bersedia untuk bekerja keras. Berikut merupakan jenis-jenis bisnis online yang dapat anda pilih.

1. Sebagai Affiliate Marketer atau Menjualkan Produk Milik Orang Lain
Menjadi affiliate atau membantu menjualkan produk orang lain maka anda tidak perlu bersusah payah menyediakan stok barang banyak di rumah anda, mengirimkan barang dan menerima keluhan dari konsumen. Hal itu lantaran anda hanya bertugas di pemasaran saja dan tanggung jawab sepenuhnya ada di tangan penjual. Selain itu, anda pun akan mendapatkan komisi penjualan atas proses closing yang dilakukan.

2. Digital Product Marketing
Bila anda memiliki keahlian suatu bidang, misalnya anda memiliki ilmu bisnis yang memukau dan ingin membagikannya maka tak ada salahnya bila anda memanfaatkan kemampuan anda sebagai bisnis produk digital. Anda bisa menjualkan sebuah e-book, video bahkan menyediakan kelas bisnis online berbayar yang berisi tentang kiat-kiat memulai bisnis.

Baca :  Update Baju Korea Terbaru yang Lagi Hits di Kalangan Wanita

Hal ini sangat didukung dengan perkembangan zaman dimana dengan kemajuan teknologi orang-orang akan cenderung membaca secara digital dibandingkan fisik. Sekarang anda tinggal menentukan jenis produk digital apakah yang akan anda jualkan sesuai kemampuan anda.

3. Membuat Blog dengan Iklan
Blog merupakan sarana yang tepat untuk para orang yang memiliki hobi menulis. Membangun blog dengan topik tertentu baik yang informatif ataupun sekadar menghibur untuk dapat menarik banyak pembaca. Tapi tahukan anda bila blog pun dapat menjadi ladang bisnis dengan memasang iklan? semakin besar pembaca yang mampir ke blog anda maka semakin besar pula pendapatan anda.

Untuk hal ini, anda dapat mendaftarkan blog anda pada penyedia iklan baik dalam skala lokal atau bahkan internasional. Adplus, sittizen, kumpul blogger, innity, adstars adalah sedikit contoh penyedia iklan lokal. Berikut contoh penyedia iklan berskala internasional yaitu google adsense, bidvertiser, fixed rate, chitika, text link ads dan masih banyak lagi.

4. Membangun Toko Online
Tak dapat dipungkiri jika bisnis online di Indonesia berkembang sangat cepat dan karena itulah para pebisnis pemula harus menyiapkan teknik-teknik khusus untuk menarik banyak pembeli. Tak terkecuali dengan membuka toko online. Baik itu menjualkan produk sendiri ataupun sebagai dropshipper atau menjualkan produk dari penyedia besar.

Keuntungan yang didapatkan dari membuat toko online adalah anda tak perlu menyewa lahan untuk berjualan bahkan anda bisa berjualan di rumah atau dimanapun hanya mengandalkan laptop atau smartphone yang terhubung dengan jaringan Internet. Anda dapat menjual berbagai produk di toko online anda misal busana, hijab, pakaian anak, makanan dan lain-lain baik itu milik sendiri maupun orang lain.

Baca :  3 Alasan Mengapa Cewek Lebih Memilih Cleansing Water untuk Merawat Wajah

5. Membuat Sebuah Review Untuk Produk
Ini adalah langkah lain memulai bisnis bagi anda yang memiliki kegemaran menulis. Bila anda menyukai suatu produk dan ingin membuat sebuah review maka tak ada salahnya anda mendaftarkan diri sebagai penulis untuk mendapatkan penawaran paid per review. Untuk mendapatkannya anda bisa mendaftar di reviewMu dan andreviewcamp jika anda ingin memulai bisnis ini dengan skala lokal terlebih dahulu.

6. Menawarkan Jasa Pembuatan Blog dan Menjualnya.
Tak ada salahkan memanfaatkan keahliaan sebagai ladang bisnis. Jika anda ahli dalam bidang pemograman terutama membuat suatu blog, maka anda dapat menawarkan diri sebagai penyedia jasa pembuatan blog yang sesuai dengan keinginan pemesan. Bila hasil kerja anda bagus maka kepuasan pemesan akan datang dan tak terkecuali para pemesan lain yang telah mendengar hasil kerja anda.

Keuntungan Bisnis Online

1) Cukup Modal Kecil
Jika dulu metode berjualan adalah dengan menyewa lahan ataupun ruko untuk mendirikan suatu usaha maka sekarang dari dalam rumah bahkan dimanapun, anda pun juga bisa berjualan. Tinggal menyediakan laptop ataupun smartphone yang terhubung dengan jaringan Internet. Ini dapat memangkas modal secara signifikan bisnis offline.

Baca :  Huawei Nova 2 Lite, Ponsel Middle Class Unggulan

2) Waktu yang Fleksibel
Dalam bisnis offline tentu penjual akan menentukan jam berapa toko akan dibuka dan ditutup. Lain halnya dengan bisnis online yang tak mengenal waktu karena anda dapat berjualan sesuai waktu anda dan terutama tidak ada pemutusan jaringan internet sehingga orang akan mengakses internet kapanpun, Tak terkecuali para pembeli yang datang kapanpun pula.

3) Terbukanya Jangkauan Pemasaran
Internet tak memberikan batasan bagi para penggunanya. Oleh karena itu bisnis online yang akan anda jalankan pun memiliki potensi untuk diakses oleh banyak orang. Selain efisien dan murah anda tak perlu membuat brosur ataupun pamflet untuk promosi produk anda.

Salah satu media pemasaran yang cukup terkenal adalah facebook dan instagram. Bahkan anda tak perlu mengeluarkan biaya untuk pemasaran. Cukup memiliki teknik copy-writing untuk dapat menarik minat pembeli.

4) Memiliki Banyak Waktu Luang bersama Keluarga
Jika anda memutuskan untuk menjadikan bisnis online sebagai sumber uang utama anda maka kesempatan anda memiliki banyak waktu luang bersama keluarga akan lebih besar dibandingkan mereka yang memutuskan untuk bekerja di kantoran. Hal ini karena waktu yang fleksibel dimiliki oleh anda. Anda dapat bekerja kapanpun dan dimanapun.

Jenis Bisnis Online yang Cocok Untuk Pemula | admin | 4.5