Cari Tahu Fase Kehamilan Trimester Kedua yang Perlu Diperhatikan

Menjadi seorang ibu hamil, tentu kamu harus memperhatikan tumbuh kembang janin agar bisa lahir sempurna dan sehat. Selama proses kehamilan, ada fase kehamilan yang perlu kamu lewati, yaitu trimester pertama, kedua, dan ketiga. Pada fase kedua, kamu akan menjadi lebih gampang beraktivitas karena sudah melewati berbagai macam tanda-tanda kehamilan yang membuat aktivitasmu terganggu.

Dari mulai minggu ke 13 sampai 27, kamu akan semakin menikmati masa kehamilanmu dan akan menjadi lebih bersemangat dibandingkan trimester pertama. Pada periode kehamilan trimester kedua, buah hatimu sudah siap bertumbuh kembang, apalagi hampir seluruh indera-indera yang dimiliki si bayi mulai berfungsi sepenuhnya.

Buat kamu yang belum tahu ada apa saja yang terjadi pada fase kehamilan trimester kedua, berikut beberapa tahap-tahapnya.

Minggu ke 13
Trimester kedua menandakan bayi kamu sudah siap bertumbuh kembang, mulai dari jaringannya sampai organnya pun siap berfungsi. Di minggu ke 13 ini, bobotnya diperkirakan mencapai 20 gram dan panjangnya antara 65 sampai 79 mm.

Minggu ke 14
Masuk ke periode minggu ke 14, badannya sudah mulai memanjang hingga 8 cm dan bobotnya bertambah menjadi 25 gram. Dari bentuk wajahnya, mulai mata, dagu, dan telinga terlihat lebih jelas, serta bayi kamu akan semakin lebih gampang menerima respon dari luar perut yang kamu berikan padanya.

Di fase kehamilan ini juga membuat buah hati kamu bisa bernafas, menelan, menghisap, memutar kepala, menutup dan membuka mulut.

Minggu ke 15 sampai 16
Bayi kamu akan semakin bergerak aktif meski kamu tidak begitu menyadarinya pada minggu ke 15 sampai 16. Dia juga sudah bisa menghisap jempolnya dan tulang tengkoraknya mulai lebihi solid. Selain itu, tulang rusuknya juga semakin berkembang meski belum terlalu begitu terlihat.

Minggu ke 17
Masuk minggu ke 17, kuku buah hati kamu akan mulai bertumbuh, khususnya di bagian jari-jari kakinya. Walau pun masih berada di bawah kulit, proses pertumbuhannya termasuk cepat karena hanya butuh 3 hari saja.

Minggu ke 18 sampai 19
Minggu ke 18 atau bulan kelima merupakan fase kehamilan yang membuatmu pasti akan terasa lebih bahagia karena kamu semakin lebih gampang merasakan kehidupan dari bayi di kandunganmu. Pendengaran buah hati kamu akan lebih aktif dan kamu juga sudah bisa mengajaknya berkomunikasi.

Sebulan berikutnya, panjang si bayi juga akan semakin bertambah menjadi 20 cm da n bobotnya menjadi 300 gram. Di usia kandungan 5 bulannya, matanya semakin sensitif pada cahaya, sehingga dia bisa sedikit mengedipkan matanya.

Minggu ke 20 sampai 22
Di fase kehamilan ini, posisi kepala buah hatimu akan semakin tegak dan kuku-kukunya terlihat semakin menumbuh. Sumsum pada tulang belakangnya juga mulai mengeluarkan sel darah yang aktif. Beratnya pun bertambah menjadi 400 gram dan pendengarannya lebih aktif dari sebelumnya. Kamu yang mau mengecek jenis kelaminnya, di periode ini adalah waktu yang pas buat mengetahuinya karena sudah dalam bentuk yang sempurna.

Minggu ke 23 sampai 25
Di minggu-minggu ini, tulang-tulang yang terbentuk masih elatis tapi sidik jarinya sudah terbentuk dengan cukup sempurna. Selain itu, gerakan pernafasannya bekerja lebih baik dan kinerja sistem imunnya semakin berfungsi. Tidak hanya itu, bagian matanya terlihat semakin sempurna, mulai dari kelopaknya, alis, dan bulu matanya.


Minggu ke 26 sampai 27
Organ mata serta otak buah hatimu di fase kehamilan ini sudah sangat aktif, sehingga tidak heran juga kalau periode ini menjadi masa yang paling menakjubkan. Di masa inilah kamu juga wajib mengkonsumsi makanan dan minuman yang tidak boleh sembarangan dan harus yang bergizi-gizi. Kalau mau lebih lengkap lagi, lihat di https://www.generasimaju.co.id/tahapan-perkembangan-janin-pada-trimester-kedua-kehamilan.

Mengikuti perkembangan janin tentu menjadi momen yang membahagiakan buatmu sebagai ibunya. Yang paling diharapkan yaitu janinnya bisa berkembang dengan baik dan tumbuh dengan sempurna sehingga saat lahirnya sehat. Tapi, jangan lupa konsumsi makanan yang sehat dan tidak asal-asal makan saja ya.

Tinggalkan Balasan