Beberapa Fakta Menarik Tentang Pompa Air

Akan mudah ditemukannya baik di kota besar hingga daerah, beberapa merek pompa air baik yang semi ataupun jet pump untuk sumur yang dangkal ataupun dalam. Hal ini dikarenakan sangat memprihatinkannya kemampuan perusahaan air minum untuk memenuhi kebutuhan air bersih hingga saat ini. Dan bahkan kota kota besar sering mengalami kejadian terganggunya aktivitas warga dikarenakan terhentinya aliran air. Sehingga masih sangat populernya jenis pompa air tanah dan masih sangat besar pangsa pasarnya.

Pompa Air

Berikut beberapa fakta menarik tentang pompa air diantaranya yaitu :

1. Prinsip Kerja Pompa Air
Sebuah pompa akan bekerja dengan cara memindahkan sejumlah volume air melalui ruang suction untuk menuju ke ruang outlet dengan menggunakan impeller, sehingga seluruh ruang udara akan terisi dengan air dan akan ditimbulkannya tekanan fluida yang akan ditarik melalui dasar sumur untuk menuju ke penampungan.

2. Cara Kerja Mesin Pompa Air
Air yang berada didalam ruang impeller akan digerakan dengan menggunakan sebuah motor. Selama berputarnya impeller tersebut maka air akan terus terdorong keluar hingga menuju ke pipa penyaluran atau outlet air.

3. Jenis Pompa Berdasarkan Sistem Kerjanya
Pada dasarnya ada 2 jenis mesin pompa jika dilihat dari cara kerja dan rancangannya. Kedua jenis pompa tersebut adalah Pompa Sistem Rotari dan Pompa Sistem Sentrifugal. Pompa sistem rotary merupakan jenis pompa yang memiliki impeller yang akan berputar sehingga akan ditimbulkannya kekuatan tarikan. Sehingga air nantinya akan dipindahkan secara terus menerus yang akan ditarik dari dasar sumur utuk dialirkan hingga menuju ke bagian pipa outlet pompanya.

Jenis pompa ini sudah banyak digunakan sebagai pemenuhan kebutuhan rumah tangganya.Sistem kerja rotari ini hampir digunakan didalam semua jenis pompa kecil.Sedangkan pompa sistem sentrifugal adalah jenis pompa yang banyak digunakan pada peralatan marine atau kapal laut untuk membuang dengan cepat air dari dok. Pompa jenis ini akan bekerja dengan kecepatan tinggi sehingga volume air yang bergerak dengan cara memutar akan terlempar keluar dari outlet air.

4. Bagian Bagian Pompa Air
Ada 5 komponen yang merupakan bagian dari pompa air seperti motor utama pompa air, Valve, saklar otomatis pompa air, kapasitor, dan tanki penampung.

Itulah beberapa fakta menarik tentang pompa air. Prinsipnya pompa air ini cara kerjanya mirip dengan sebuah kompresor. Hanya saja tugas pompa air ini hanya untuk memindahkan cairan saja tanpa harus menggunakan tekanan yang terlalu besar.Tetapi terkadang pompa air ini mengalami gangguan atau kerusakan. Terjadinya kerusakan dan masalah pada pompa air tidak hanya akan dialami oleh pompa yang telah digunakan sejak lama.

Karena masalah secara teknis juga dapat dialami mesin pompa baru jika tidak benar perawatannya dan kurang memahami cara pemasangannya. Ada 4 masalah yang biasanya akan dialami pompa air seperti mesin menyala tetapi airnya tidak keluar, mesin menyala dengan normal tetapi air yang dikeluarkannya hanya sedikit saja, mesin menyala dengan lambat dan tersendat sendat, dan mesin sama sekali tidak menyala. Untuk mengatasi 4 masalah umum yang biasanya dialami oleh pompa air maka diperlukannya penggunaan jasa service pompa air yang dapat dipercaya sehingga kebutuhan dasar akan air tidak akan terganggu lagi. Cobalah untuk menggunakan pompa yang umum digunakan oleh banyak orang yaitu yang kecil kapasitas debit airnya dan juga dapat menghemat energi listrik.

Beberapa Fakta Menarik Tentang Pompa Air | admin | 4.5