6 Panduan Dalam Membeli Mobil Idaman

Saat ini, hampir semua orang ingin memiliki mobil pribadi. Baik itu mobil bekas murah semisal harga alphard atau bahkan yang baru. Kehadiran mobil pribadi sebagai kendaraan operasional tentu dapat memudahkan orang jika ingin pergi ke mana saja dan kapan saja.

Namun di sini, kami tidak membahas status mobil bekas dan baru, tetapi tips yang dapat digunakan bagi Anda yang ingin membeli mobil pertama, atau dengan kata lain, Anda adalah seorang pemula.

Para pemula di sini didefinisikan sebagai orang yang belum pernah membeli mobil, baik mobil baru maupun bekas. Sebagai konsumen yang baik, alangkah baiknya jika Anda memiliki pengetahuan tentang produk yang akan dibeli. Jangan menyesal di masa depan.

Selain itu, Anda juga harus menyesuaikan dengan anggaran dan penggunaan mobil itu sendiri. Bagi mereka yang pemula dalam membeli mobil, beberapa tips berikut dapat digunakan sebagai panduan sebelum memilih dan membeli mobil impian.

1. Jangan tergoda oleh harga
Pertama adalah jangan hanya membeli karena mereka tergoda oleh harga. Sesuaikan kebutuhan dan model yang akan dibeli dengan isi tas. Jangan pernah memaksakan untuk membeli kendaraan dengan harga yang pas atau ketat dengan anggaran Anda. Mengapa?

Padahal, ada banyak faktor. Ada banyak pengeluaran yang akan membuat Anda cukup kaget, misalnya pembayaran bulanan, layanan berkala, pajak tahunan, dan sebagainya. Jika uang ketat, Anda harus mengambil model lain yang dapat membuat Anda tidak menyesal di kemudian hari.

2. Jenis Pembayaran
Jika Anda mengalami keadaan di atas dan enggan mengubah model, lebih baik memilih fasilitas kredit. Tidak masalah membeli mobil baru jika semua anggaran dapat ditangani di masa depan. Membeli mobil secara kredit juga dapat membantu mengatur berbagai kebutuhan lain agar tidak macet.

Untuk membeli mobil secara kredit, langkah pertama adalah mengetahui harga mobil untuk menentukan uang muka atau uang muka (DP). Biasanya, jumlah DP setidaknya 20 persen dari harga mobil.

Misalnya, ingin membeli salah satu sedan hatchback Toyota Agya. Jika harganya Rp 113.030.000, maka uang muka 20 persen adalah Rp 22.606.000.

3. Dealer Tepercaya
Pilih dealer tepercaya. Saat ini, banyak dealer mobil menawarkan berbagai manfaat tambahan. Pastikan ini benar dan periksa. Merupakan ide bagus untuk membandingkan harga mobil dari satu dealer ke dealer lain sebelum membuat keputusan untuk membeli mobil.

Jika Anda membeli mobil secara kredit, jangan luput memastikan bahwa lembaga keuangan yang akan membiayai pembelian mobil Anda adalah perusahaan tepercaya dan memberikan harga yang rasional. Juga cari tahu tingkat bunganya.

4. Setelah Penjualan
Memikirkan harga jual yang baik ketika membeli mobil adalah wajar. Jika itu salah satu pertimbangan Anda, pastikan untuk membeli mobil yang memiliki harga wajar saat dijual kembali.

5. Lakukan Tes Mengemudi
Hal terakhir yang mutlak harus dilakukan untuk mengetahui kondisi mobil adalah mengendarai tes. Gunakan kesempatan ini untuk benar-benar mencoba dan merasakan performa mobil. Tidak ada salahnya melakukan test drive di lebih dari satu mobil.

Metode ini dilakukan agar Anda juga merasa lebih percaya diri dan yakin bahwa mobil itu sesuai keinginan. Selain itu, test drive juga penting untuk mengetahui fitur yang dibawa oleh mobil, mulai dari tingkat kenyamanan hingga keselamatan.

6. Asuransi Kendaraan
Bagi mereka yang membeli mobil secara kredit, Anda harus mendaftar untuk asuransi. Keputusan ini sangat bijaksana, karena untuk menghindari hal-hal buruk terjadi. Asuransi juga membantu menjaga kondisi keuangan yang stabil, karena dapat mengurangi biaya tak terduga, misalnya akibat tabrakan.

Meski begitu, Anda membeli mobil secara tunai, asuransi juga penting. Cari informasi tentang asuransi mobil yang memberikan ketenangan pikiran dengan berbagai layanan yang dapat diandalkan. Jangan tergoda dengan premi murah.

Tinggalkan Balasan