5 Tips Membeli Mobil Bekas yang Wajib Anda Tahu

Salah satu keuntungan membeli mobil bekas adalah mendapatkan harga yang lebih murah. Namun, kurang teliti dalam membeli mobil bekas justru bisa membuat pengeluaran jauh melebihi dari membeli mobil baru. Oleh sebab itu, jika Anda ingin membeli mobil bekas, perhatikan tips membeli mobil bekas berikut ini.

Tips Aman Membeli Mobil Bekas

1. Tetapkan dan sesuaikan budget

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menetapkan budget Anda. Jangan membeli dengan harga jauh di atas budget Anda. Di awal-awal mungkin saja itu tidak terlalu terasa. Namun, semakin lama uang Anda akan terus terkuras karena biaya perawatannya. Oleh sebab itu, akan lebih bijaksana jika Anda membeli mobil sesuai dengan budget Anda.

2. Melakukan test drive

Biasanya pemilik mobil akan menawarkan untuk melakukan test drive. Manfaatkan ini semaksimal mungkin. Dengan melakukan test drive, Anda bisa mendeteksi masalah-masalah yang mungkin terdapat pada mobil tersebut. Jika penjual tidak menawarkan, cobalah untuk bernegosiasi. Test drive juga akan membuat Anda tahu apakah mobil tersebut nyaman untuk dipakai atau tidak.

3. Mencari penjual mobil bekas di sekitar Anda

Sangat penting untuk mencari mobil bekas yang berada di dekati lokasi Anda saat ini. Hal ini bertujuan agar memudahkan ketika sewaktu-waktu Anda ingin mengurus beberapa hal seperti pindah nama dan lain sebagainya. Jika pemilik mobil yang Anda beli berada dalam satu wilayah yang sama, ini akan memudahkan Anda ketika memperpanjang STNK.

4. Mengecek kelengkapan surat

Ada beberapa kasus di mana mobil dijual dengan harga miring, namun surat-suratnya tidak lengkap. Jika ada seperti hal ini, sebaiknya segera Anda tinggalkan. Percayalah, mengurus surat-surat yang tidak lengkap seperti BPKB, STNK, atau pajak akan sangat melelahkan dan tidak menutup kemungkinan akan membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

5. Membawa mekanik

Mungkin hal ini terlihat ribet. Namun, cara ini bisa meminimalisasi kekecewaan yang akan muncul setelah terjadi keputusan membeli mobil. Mekanik yang telah berpengalaman dapat mengecek apakah mobil yang sedang dijual dalam keadaan baik-baik saja atau tidak. Anda bisa mengajak teman Anda yang berprofesi sebagai mekanik.

Dengan menerapkan cara di atas, kemungkinan Anda mendapatkan mobil bekas dengan kualitas masih bagus akan lebih tinggi. Kalaupun ada kekurangan, hal itu bisa diatasi dengan beberapa kali servis ringan saja.